0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sebagai Pemuda Indonesia yang Inspiratif maka para Pemuda harus mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsa dimana inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul, berdaya saing dan berprestasi serta senantiasa berorientasi pada kejayaan keunggulan dan kegemilangan masa depan bangsa.

Hal ini dikatakan Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi ketika membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo pada Upacara Hari Sumpah Pemuda ke  85 di Kantor Walikota Medan, Senin (28/10/2013). Upacara Hari Sumpah Pemuda yang di Pimpin Eldin ini dihadiri Seluruh Pimpinan SKPD, Camat dan Pegawai Pemko Medan.

Dikatakan Eldin, Pemuda Indonesia harus berprestasi dimana pemuda tersebut bertanggung jawab dan tidak mudah menyerah serta senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakat dan untuk bangsanya karena kemajuan suatu bangsa jiga tergantung dengan kebangkitan pemudanya, katanya.

Secara Khusus Eldin menyampaikan, bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang dipelopori oleh anak-anak muda pada zamannya, karena mampu membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah, Imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Eldin, Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan diaktualisasikan terutama pemuda di Indonesia agar semangat yang terkandung di dalamnya dapat terus memberikan inpirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa untuk menggapai kejayaan agar hidup sjajar dengan bangsa-bangsa lainnya, ujar Eldin.

Menurut Eldin, upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun cerdas, inspiratif dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa dimana manifestasi dari semangat dan jiwa sumpah pemuda.

Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 85 kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai - nilai sumpah pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai sukuk agama dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia, tegas Eldin.

Disamping itu Eldin menjelaskan bahwa momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa. Atas dasar semangat itulah, katanya, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengandung pesan bahwa saat ini diperlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi.

Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berahklak mulia, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta peduli terhadap sesama, Ujar Dzulmi Eldin.

Selain itu juga, pemuda Indonesia dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran dan perbuatan, pemuda yang cerdas adalah pemuda memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapinya serta memiliki kompetensi.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posting Komentar

Top