0
PELINDO 1-PORT OF ROTTERDAM AUTHORITY  TANDA TANGANI HEADS OF AGREEMENT (HOA) PENGEMBANGAN PELABUHAN KUALA TANJUNG
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Port of Rotterdam Authority melakukan pendatanganan Pokok-pokok Perjanjian (Heads of Agreement/HoA) sehubungan dengan Proyek Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Port Management Services Agreement (PMSA II) pada hari Kamis, 27 Agustus 2015 di Kantor Pusat Pelindo 1, Medan. Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana dan  CEO Port of Rotterdam, Allard Castelein yang disaksikan oleh Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb,  Duta Besar Kerajaan  Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol, Ketua DPRD Sumatera Utara, Ajib Shah dan Mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Bappeda Sumatera Utara, Arsyad.

Penandatanganan HoA ini merupakan kelanjutan kerjasama antara Pelindo 1 dengan Port of Rotterdam Authority. Dimana sebelumnya, Pelindo 1 telah menandatangani  nota kesepahaman mengenai kerja sama dalam proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung (Port Management Services Agreement/PMSA I), pada tanggal 13 Oktober 2014 lalu di Belanda,  dan Port of Rotterdam Authority telah menyelesaikan dan menyerahkan laporan model analisa pelabuhan (PAM) dan program pengelolaan pelabuhan (PMP).

Dari hasil Port Analysis Model (PAM) tersebut, Port Of Rotterdam Authority  telah melakukan analisis dengan melakukan penilaian terhadap karakteristik pelabuhan, mengidentifikasi peluang bisnis, strategi pengembangan, mengidentifikasikan potensi pasar dan merekomendasikan metode dalam pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai  gerbang industri yang terintegrasi dengan daerah disekitarnya seperti  Kawasan Kuala Tanjung, Sei Mangkei dan  Belawan.

Pada kesempatan ini, Pelindo 1 dan Port of Rotterdam Authority bermaksud untuk meningkatkan kerjasama  pada tahapan selanjutnya dengan menandatangani Perjanjian Port Management Services Agreement II (PMSA II), terkait pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung tersebut, dimana melalui kerjasama ini, Port of Rotterdam akan menyediakan tenaga ahli dan konsultan dalam aspek komersil, operasional, dan keuangan, untuk melakukan pengembangan pelabuhan dan manajemen layanan tambahan tertentu.

 “Penandatanganan perjanjian kerjasama ini sangat penting bagi Pelindo 1, yang pertama untuk mendukung Program Tol Laut yang di canangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang kedua proyek ini ditujukan untuk mewujudkan hub port di Indonesia bagian barat yang akan meningkatkan kinerja logistik dan daya saing di Indonesia, dan terakhir, melalui proyek ini, dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi khususnya pertumbuhan ekonomi regional, dimana proyek ini dikembangkan,” ujar Bambang Eka Cahyana dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Bambang yakin proyek ini akan menciptakan banyak lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja sehingga tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional, namun juga mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

CEO Port of Rotterdam, Allard Castelein dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk mendorong efisiensi bisnis terutama dalam bidang pelabuhan. Dia melihat bahwa kesempatan mengembangkan bisnis di Kuala Tanjung sangat fantastis. Bersama dengan Pelindo 1, Port of Rotterdam akan mengembangkan pelabuhan dengan fasilitas kelas dunia, yang ramah lingkungan serta bisnis yang berkelanjutan. “Kita akan berbagi ilmu dalam mengatur, membangun dan mengembangkan pelabuhan, yang sebelumnya telah sukses kami terapkan di Pelabuhan Rotterdam. Kami berharap, bersama Pelindo I akan menjadi tim yang kuat untuk membantu Negara ini dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujar Allard Castelein.

Walikota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb berharap kerjasama ini tidak hanya mencari keuntungan bisnis saja, tetapi juga dapat menciptakan banyak lapangan kerja. “Sumatera Utara memiliki SDM yang melimpah dan tenaga kerja muda yang banyak. Hal ini merupakan peluang besar untuk mendukung pengembangan bisnis dan menarik investor untuk menanamkan modal di sini. Saya berharap Pemerintah menjadi mitra yang baik untuk mendukung pengembangan bisnis terutama di bidang kepelabuhanan,” jelas Ahmed Aboutaleb.

Plt. Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Badan Pembangunan Daerah Sumut, Arsyad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung sepenuhnya Pelindo I dalam mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung ini.

"Kerjasama ini merupakan wujud komitmen Pelindo 1 dalam mengakselerasi pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi Hub Port di Indonesia bagian Barat, dan juga untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Program Tol Laut. (abu)

Posting Komentar

Top