0
BELAWAN  | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 kembali bekerjasama dengan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Medan mengadakan workshop bersama seorang ahli di bidang keamanan pelabuhan  bernama Sean Moon, Kamis, (22/9/2016) di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan.

Sean Moon menjadi pembicara dalam Workshop yang bertema Port Security.  “Kehadiran beliau diharapkan dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM pelabuhan khususnya personil yang menangani bidang  keamanan  di pelabuhan,” jelas Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah dalam sambutannya.

Lebih lanjut Eriansyah menjelaskan bahwa workshop ini juga merupakan salah satu bentuk penguatan koordinasi dan komunikasi antara seluruh instansi di pelabuhan, untuk bersama-sama mengimplementasikan sistem keamanan pelabuhan secara konsisten.

Sean Moon adalah salah satu tenaga ahli senior kepelabuhanan di Amerika Serikat, yang saat ini menjabat sebagai Penasihat Senior Asisten Sekretaris Urusan Perbatasan, Imigrasi dan Perdagangan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Sean mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun di dalam bidang operasional pelabuhan dan manajemen resiko, melakukan dan mengawasi kapal penumpang, fasilitas dan program keamanan, program manajemen pelabuhan dan operasi tanggap bencana alam.
Melalui Workshop  ini, Sean Moon melakukan sebuah presentasi tentang pengelolaan keamanan dan manajemen pelabuhan di Amerika Serikat, dilanjutkan dengan sesi brainstorming  dan diskusi secara mendalam untuk aspek-aspek pendukung keamanan di pelabuhan khususnya di Pelindo 1.

Penyelenggaraan workshop ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara Pelindo 1 dan Konsulat Jenderal Amerika di Medan guna mendukung pengetahuan dan pemahaman tentang sistem keamanan pelabuhan yang  efektif dan efisien, khususnya pada peningkatan di bidang sumber daya manusia yang berperan penting dalam suksesnya percepatan penerapan program tol laut di Indonesia.

Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia menjelaskan bahwa kegiatan workshop dengan metode sharing session ini merupakan kegiatan rutin yang  dilakukan oleh Manajemen Pelindo 1 yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dan juga memupuk semangat karyawan. “Pelindo 1 tidak hanya mengembangkan bisnis pelabuhan saja, tetapi juga mengembangkan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya. Kegiatan ini diharapkan memotivasi karyawan sebagai pelaku bisnis yang harus bersaing dikancah global,” ujar Rafika 

Sharing session kali ini dihadiri oleh para pejabat struktural,  General Manager dilingkungan Pelindo 1, pegawai di bidang Keamanan Pelabuhan dan para stakeholder Pelindo 1, seperti Syahbandar, Otoritas Pelabuhan, Navigasi, Lantamal, Pomal, Polair, Basarnas, Karantina, Imigrasi dan lainnya.(abu)

Post a Comment

Top