0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Pemahaman dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika dalam aktivitas hidup berbangsa dan bernegara saat ini semakin menurun, sehingga memunculkan berbagai konflik dan keresahan sosial yang mudah terjadi karena dipicu oleh perbedaan latar belakang etnisitas, agama dan sebagainya.

Keadaan ini tidak boleh dibiarkan, maka diperlukan kesadaran kolektif segenap elemen bangsa untuk merevitalisasi penguataan ideologi kebangsaan. Berkaitan dengan hal tersebut perlu dilakukan langkah-langkah aktualisasi seperti meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap keteladanan dan kepemimpinan (PK3). Oleh karenanya dalam rangka menjaga tetap konsistensi dan kesinambungan terhadap nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Kesbang Polinmas menggagas dan melaksanakan kegiatan penguatan ideologi kebangsaan bagi Kepala Desa, PNS Kantor Kecamatan se-Sergai.
Sosialisasi yang menghadirkan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sebagai salah satu narasumber, dilaksanakan di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (8/9).

Dalam paparannya dihadapan peserta Sosialisasi menjelaskan peranan kepala daerah dalam penguatan ideologi kebangsaan. Dikemukakan juga  bahwa Desa sebagai unit daerah yang paling terkecil dalam suatu pemerintahan memegang peranan penting. Jika suatu desa itu mengalami kekacauan ataupun konflik gangguan sangat berpengaruh terhadap sistem persatuan dan kesatuan negara Indonesia, oleh sebab itu Kades sebagai pemimpin merupakan ujung tombak keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan pembangunan menjadi penopang utama tegaknya wawasan kebangsaan ditengah-tengah masyarakat melalui interaksinya sebagai aparatur desa dengan berbagai pihak. Kades sangat diharapkan dapat benar-benar memahami dan menindaklanjuti makna wawasan kebangsaan dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI.

Kegiatan Sosialisasi ini menurut Bupati Sergai H. Soekirman adalah sebagai perwujudan tugas instansi vertikal dalam membantu tugas-tugas pemerintahan umum sebagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 26 UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Adapun tugas pembinaan wawasan kebangsaan, yang didalamnya termasuk pemantapan pengamalan Pancasila adalah merupakan salah satu tugas pemerintahan yang bersifat umum. Dan sesuai pasal 25 ayat 1 huruf a UU No. 23 tahun 2014, yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh unsur Forkopimda.

Lebih lanjut dijelaskan Ir. H. Soekirman upaya strategi penguatan ideologi kebangsaan di Kabupaten Sergai melalui cara dengan penguatan visi dan misi Kabupaten Sergai menjadikan Kabupaten yang Unggul, Inovãtif dan Berkelanjutan dan melakukan kooordinasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah pusat maupun didaerah yaitu Pihak TNI, Polri, DPRD dan berbagai instansi vertikal.

Diakhir paparannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman jug menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini para Kades bisa dibekali wawasan yang cukup tentang bangsa dan negaranya. Hasil pemahaman yang didapat disosialisasikan kembali pada masyarakat desa. Sebab penguatan empat pilar kebangsaan menjadi harga mati bagi persatuan dan kesatuan sebagai wujud terimakasih atas pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara ini, pungkas Ir. H. Soekirman.
Turut hadir dalam Sosialisasi yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 7-8 September 2016 ini Kakan Kesbang Polinmas Drs. Purba Siregar, Narasumber dari Pemprovsu Drs. H. Afinuddin Lubis dan DR. Arifin Syail, M.Ag.(putranursaid)

Post a Comment

Top