0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka Workshop Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) LKjIP serta Akuntabilitas Laporan Pengelolaan Keuangan dan Pemeriksaan Keuangan pada Sekretariat DPRD, Jumat (10/2/2017) di Grand Mecure Angkasa.

Acara yang ditandai penyematan tanda peserta oleh Walikota Medan itu dihadiri Ketua Umum Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota,Tri Puguh Priyadi SH MS dan sekitar 800 peserta yang terdiri Sekretaris DPRD dan staf seluruh Indonesia.

Dalam sambutan sebelum membuka workshop itu, Eldin mengapresiasi Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia yang telah memilih Medan sebagai tempat penyelenggaraan acara ini. Dia juga berharap workshop nasional ini bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran, informasi, serta menghasilkan rekomendasi dalam upaya peningkatan kualitas kinerja aparatur Sekretariat DPRD.

Eldin juga mengingatkan agar para Sekretaris DPR dapat mempertahankan jatidiri sebagai pembantu Kepala Daerah dalam mendukung pekerjaan legislator melayani masyarakat.

"Jangan pula Sekretaris DPRD berlaku sebagai anggota dewan. Jadi bertambah pula jumlah legislator nanti," ujar Eldin.

Eldin mengungkapkan, Sekwan harus dapat mengakomodir kebutuhan legislator dalam menjalankan fungsinya dengan tetap berpegang kepada ketentuan perundangan, jangan sampai terjadi kesalahan apalagi melanggar aturan.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten Kota Seluruh Indonesia, Tri Puguh Priyadi mengungkapkan, workshop ini penting diikuti agar Sekretaris DPRD tidak gamang dalam melayani kebutuan teknis legislator, terutama berkaitan dengan penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran.

Dia juga mengungkapkan, Sekretaris DPRD memang selalu dalam dilema. Di satu sisi dia adalah bawahan kepala daerah, namun di sisi lain Sekretaris Dewan bertugas melayani kebutuhan pimpinan secara teknis.

"Karena itu kita harus pandai-pandai, sehingga tidak terjerumus dalam dilema. Caranya tentu dengan berpegang kepada SOP dan peraturan yang berlaku," sebutnya.

Pembukaan acara ini ditandai juga dengan pemukulan Gong oleh Walikota. Dijadwalkan workshop berlangsung sampai 12 Februari mendatang.
[rs/gbs/mdn]

Posting Komentar

Top