0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-NKRI merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan yang mencapai 2/3 luas wilayah seluruhnya. Dengan kondisi tersebut, tentunya membutuhkan pengawasan dan pengamanan yang serius serta profesional.

Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut tidak hanya ditunjang dengan pelaksanaan tugas yang baik, namun juga bagaimana pelaksanaan giat pelatihan guna menghasilkan kualitas SDM Polri yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Sebagai wujud nyata dalam menyiapkan SDM yang dilakukan oleh institusi Polri yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan Teknika dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan personil yang mampu mengoperasikan kapal Polri dalam bidang teknika.

Pengetahuan tentang teknika sangat penting untuk dimiliki oleh personil Polair apabila dilibatkan dengan bidang tugasnya sebagai pengemban tugas operasional kepolisian di wilkum Perairan.

Kabag Binops Dit Polair Poldasu AKBP Drs. TH. M. Sihombing, kamis (13/4/2017) menjelaskan, Sebelum melaksanakan pelatihan Ka. SPN Poldasu membuka langsung pelatihan Teknika yang juga berperan sebagai Irup pada pembukaan upcara prolat pada tanggal 3 april 2017 dilapangan spn poldasu dan ditutup oleh Kabag Jarlat yang mewakili Ka. SPN Poldasu pada tanggal 13 april 2017 di gedung Tribrata Spn Poldasu.

Tentunya dalam pelatihan ini didukung oleh Pelatih/instruktur pembina fungsi Polair yang profesional yaitu personil Ditpolair Korpolairud Poldasu yang mempunyai kemanpuan standar kompetensi sebagai instruktur yag mampu Sebagai fasilitator yaitu Melakukan analisis kebutuhan peserta pelatihan dan mampu melakukan pemecahan masalah melalui proses pelatihan.

kemudian Sebagai komunikator yang mampu menyampaikan pesan secara jelas,akurat, terpercaya sehingga menciptakan pola interaksi yang kondusif dan dialogis serta terampil menggunakan media komunikasi secara efektif.

Sebagai inovator yang memiliki gagasan baru mengenai kompetensi yang diharapkan dan juga Sebagai motivator yang mampu memberikan motivasi dan mengarahkan peserta pelatihan untuk terlibat secara penuh selama proses pelatihan.

Program pelatihan Polri fungsi Polair Brigadir Teknika T.A. 2017 tersebut dilaksanakan selama 10 hari dimulai pada hari senin s/d kamis tanggal 03 april s/d 13 april 2017 di SPN Polda Sumut pukul 07.30 wib s/16.30 wib.

Dari Jumlah Jam Pelajaran (JP) yang diberikan adalah 100 JP yang diantaranya 6 JP dilaksanakan oleh panitia penyelenggara / tim dri SPN Poldasu, 34 JP dilaksanakan oleh masing-masing instruktur pembina fungsi dari Polair dengan menyampaikan materi dan 60 JP dilaksankan oleh tim instruktur dengan giat praktek.[rs]

Post a Comment

Top