JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA, Aat Surya Syafaat memuji semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam periode kepemimpinan Adhyaksa Dault, yaitu “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.” Menurut dia, semboyan itu bagus sekali agar Pramuka di seluruh Indonesia bisa menguasai era digital.
“Saya senang banget semboyan Setiap Pramuka adalah Kantor Berita. Nah, di era digital seperti sekarang adalah suatu keniscayaan kita masuk ke dunia maya,” kata Aat Surya Syafaat, usai memoderatori Seminar Nasional dengan tema “Pendidikan Pilar Kekuatan Bangsa”, di Kampus BSI, Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (20/5/2017).
Aat juga mengatakan, jika ingin menguasai dunia maka kuasailah informasi teknologi-nya. Untuk menjadi kaya pun, kata dia, harus menguasai informasi teknologi-nya.
“Tangan di atas selalu lebih baik daripada tangan di bawah. Kalau kita menguasai IT dan membuat kaya, maka kita bisa berderma, kita bisa memberikan orang beasiswa,” ucapnya.
Ia menambahkan, ketika Pramuka mengakses internet, mereka juga harus memahami koridornya atau etika masuk ke dunia maya. Pasalnya, kepribadian seseorang akan tercermin dari tulisan yang dimunculkan di dunia maya.
“Ini harus diketahui oleh segenap Pramuka. Etika di dunia maya itu jangan mengompori, jangan mengadu domba, jangan menyudutkan orang lain, jangan mengkambinghitamkan, dan jangan menulis ketika kita sedang marah,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan bahwa potensi anggota Gerakan Pramuka yang besar ini harus dimaksimalkan di internet.
“Setiap Pramuka adalah kantor berita. Maksudnya, setiap Pramuka dengan telepon genggamnya mampu mempromosikan potensi daerahnya seperti pariwisata, produk lokal, pasar tradisional, kuliner, budaya, sosok yang menginspirasi, komunitas, kegiatan Pramuka, permainan tradisional, dan kondisi sosial,” terang Adhyaksa dalam beberapa kesempatan.[rs]