0
RANTAUPRAPAT | GLOBAL SUMUT-Bupati Kabupaten Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE MSi hadiri Pelaksanaan Yasin Akbar Se Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir di Masjid Besar Panai Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah, Rabu (10/5) yang lalu. Dalam acara tersebut, Bupati Kabupaten Labuhanbatu didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap.

"Tujuan Yasin Akbar ini adalah untuk meningkatkan tali Shilaturrahmi dengan seluruh kaum ibu-ibu, kegiatan ini adalah permintaan saya kepada pak camat untuk melaksanakan Yasin Akbar kaum ibu menjelang datangnya bulan Ramadhan 1438 H, sekaligus untuk meningkatkan silaturrahmi diantara kita”.kata Pangonal mengawali Pidato sambutannya.
Yasin Akbar tersebut dihadiri lebih kurang 2000 jemaah dari dua kecamatan ini, Bupati Labuhanbatu juga menjelaskan dan meminta kepada kaum ibu dan masyarakat yang ada di dua kecamatan untuk tidak menyalahkan Bupati kalau ada kutipan yang dilakukan di sekolah SMA, SMK dan Aliyah, karena sekolah tersebut tidak lagi menjadi wewenang Pemerintah Daerah sebab itu sudah menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Namun demikian suami Hj. Siti Awal Pangonal Harahap ini menyampaikan kabar gembira kepada warga masyarakat bahwa pada Tahun 2017 ini bagi anak-anak yang masuk sekolah SD dan SMP, Pemkab Labuhanbatu akan memberikan bantuan seragam sekolah. 

" Saya telah persiapkan bantuan untuk anak didik yang akan masuk sekolah ditahun 2017 ini. Untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan Tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Bantuan yang akan diberikan berupa baju seragam sekolah, dan pramuka serta tali pinggang dan kaos kakinya sudah dipersiapkan. Namun, kita tidak persiapkan untuk sepatunya. Jadi hal ini akan memperingankan para orang tua untuk anak-anaknya yang akan mendaftar masuk sekolah." jelas Pangonal Harahap.
Bupati yang pro-rakyat ini juga menerangkan bahwa pada bulan Juni 2017 mendatang akan dilaksanakan lounching pembuatan Pasport di Rantauprapat, ini tujuannya yang paling utama adalah untuk membantu para Calon Jemaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci agar tidak jauh-jauh dan mengeluarkan biaya yang banyak dalam mengurus pasport ke daerah lain. Pangonal telah mempersiapkan petugas Beacukai dari Kota Tanjung Balai untuk berada di Rantau Prapat, Labuhanbatu.

"Untuk calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini saja saya sudah mendatangkan petugas beacukai dari tanjung balai untuk membuat pasport di Rantauprapat. Jadi, bagi yang akan berangkat Umroh ataupun naik Haji, tidak perlu lagi jauh-jauh dan mengeluarkan biaya begitu besar dalam pengurusan Pasport."kata Pangonal.
Selain itu, Pangonal Harahap juga menyampaikan berbagai program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu seperti pada tahun ini ia akan menempatkan alat berat seperti beko, docer dan bomax di daerah wilayah pantai untuk digunakan masyarakat dalam mengatasi kerusakan jalan.

"Kita juga akan menempatkan alat berat seperti Beko, Docer dan Bomax didaerah wilayah dekat pantai. Hal ini diperuntukan mengatai jalan-jalan yang rusak. Dengan adanya hal tersebut, Pemerintah berharap masyarakat dapat berperan serta dalam pembangunan. Diawali dengan perbaikan akses jalan telah bagus, maka otomatis hal perekonomian masyarakat juga akan semakin meningkat sehingga keluhan masyarakat yang selama ini dapat diatasi", terangnya.
Kemudian, mengenai kesehatan, ia (Pangonal) juga mengutarakan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat pada tahun ini juga rencananya akan dilakukan pembangunan kembali untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Dengan melakukan pembangunan/renovasi RSUD Rantauparapat, maka dapat menampung para pasien lebih banyak lagi. 

"Untuk Kesehatan, kami berencana melakukan perehaban gedung RSUD Rantau Prapat. Dengan adanya ha tersebut, RSUD dapat menampung pasien lebih banyak lagi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu ini."ucapnya.

Tidak hanya itu saja menjadi program kerja pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Pangonal yang dikenal selalu dekat dengan masyarakat, dalam program Pemkab tahun ini untuk bidang keagamaan, akan memberikan santunan kepada setiap anak yatim usia 10 tahun kebawah.

"Di tahun ini Pemkab Labuhanbatu akan memberikan santunan terhadap anak Yatim Piatu. per-orangnya masing-masing mendapatkan santunan sebesar Rp.300.000,- inilah antara lain berbagai program yang akan kami laksanakan pada tahun ini."ujarnya.

Dikesempatan tersebut, Pangonal kembali mengatakan, untuk program pribadi selama Pangonal Harahap menjadi Bupati Labuhanbatu, setiap tahunnya beliau akan memberikan oleh-oleh berupa kain sholat dan zilbab/hijab kepada kaum ibu yang melaksanakan kegiatan Yasin Akbar. "Untuk program saya dan keluarga, setiap kegiatan Yasin akbar ini saya akan memberikan oleh-oleh kepada kaum ibu-ibu yang rutin ikut dalam kegiatan ini. Hal ini sebagai wujud terima kasih saya kepada masyarakat, yang telah memberikan kepercayaan terhadap saya dalam memimpin Labuhanbatu tercinta ini."tuturnya.

Kegiatan Yasin Akbar yang dilaksanakan di Mesjid Besar Panai Labuhanbilik ini dilaksanakan dengan pembacaan yasin dan sholat Ashar berjama’ah serta ditutup dengan mendengarkan tausyiah atau ceramah agama yang disampikan oleh Al Ustadz H Bukhori Harahap dengan judul tausyiahnya “Memasyarakatkan Sorga dan Mensorgakan Masyarakat” yang dirangkai dengan pemberian oleh-oleh dari H Pangonal Harahap dan istri berupa kain sholat dan zilbab/hijab kepada perwakilan wirit yasin dari Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir disaksikan Camatnya masing-masing.[rs/gbs/ricky]

Teks Foto : H Pangonal Harahap, SE, M.Si saat memberikan oleh-oleh berupa kain sholat kepada salah seorang kaum ibu dari Kecamatan Panai Tengah dalam rangka kegiatan Yasin Akbar Se-Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir di Labuhanbilik.

Posting Komentar

Top