RANTAUPRAPAT | GLOBAL SUMUT-Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si melalui Bagian Kesra Setdakab Labuhanbatu sejak tanggal 24 Juli s/d 2 Agustus 2017 melaksanakan kegiatan Penyuluhan Narkotika dan HIV/AIDS ke sembilan wilayah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Labuhanbatu bekerjasama dengan pihak Satuan Narkoba Polres Labuhanbatu, BNN Tanjung Balai dan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Labuhanbatu serta para Kepala SMP Negeri di sembilan kecamatan.
Acara Penyuluhan di SMP Negeri 1 Pangkatan dan SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Selasa (25/7) Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si yang diwakili Kepala Bagian Kesra Setdakab Labuhanbatu Bangun Siregar, S.Pd dihadapan ratusan pelajar SMP Negeri tersebut mengatakan dan menjelaskan, bahwa  sekarang ini Narkoba sudah merambah kemana-mana, bukan hanya di kota saja, sampai-sampai ke pelosok desa maupun dusun sudah banyak kita temukan dan kita dengar Narkoba itu sudah menyusup, oleh sebab itu salah satu bentuk dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini menyampaikan sosialisasi atau penyuluhan penanggulangan Narkotika dan HIV/AIDS kepada Siswa/i SMP kelas IX.
"Harapan kami kiranya anak-anak yang mengikuti penyuluhan ini, mau menerima dan mendengarkan apa yang disampaikan para nara sumber, baik itu dari Polres Labuhanbatu maupun dari Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Labuhanbatu, sehingga anak-anak nanti sudah memiliki modal dasar tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas, karena anak-anak adalah merupakan generasi penerus bangsa dan anak-anak masihlah sangat belia, kalau menggunakan narkoba apa jadinya masa depan anak-anak, untuk itu raih prestasi dan jauhi Narkoba, sebutnya.
“Setidaknya mulai hari ini berfikirlah untuk masa depan anak-anak agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, agama serta keluarga”, kata Bupati melalui Bangun Siregar.
Sementara, Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasatres) Polres Labuhanbatu AKP Jamakita Purba SH melalui Kaur Bin Ops Satuan Reserse Narkoba Polres Labuhanbatu Iptu P Purba selaku nara sumber dalam penyuluhan di dua tempat tersebut menerangkan bahaya Narkoba pada generasi muda. "Bahaya Narkoba memiliki daya adiksi/ketagihan sangat berat dan merusak susunan saraf. Untuk itu kami memberitahukan dan memberi arahan untuk anak-anak didik kami agar tetap jauhi narkoba. Sampaikan kepada orang-orang disekeliling kita untuk menjauhi narkoba."ucapnya.
Untuk penyuluhan bahaya HIV/AIDS, narasumber Dr. Yeva E Yusuf dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Labuhanbatu mengemukakan bahwa virus HIV ini bisa menurunkan sampai merusak sitem kekebalan tubuh, setelah beberapa tahun jumlah virus semakin banyak sehingga sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi melawan penyakit yang masuk.
" HIV terdapat di darah, cairan sperma/mani, cairan vagina dan air susu ibu. Bahkan cara penularannya melalui hubungan seksual dengan orang yang terpapar HIV (Hetero/Homo) serta penggunaan jarum suntik/alat tusuk yang telah tercemar HIV, bahkan Ibu HIV positip ke bayinya."papar Yeva.
Kegiatan Penyuluhan Narkotika dan HIV/AIDS yang bertemakan “ Lindungi diri dari penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas, Narkoba No, Prestasi Yes” tersebut turut dihadiri, Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu yang diwakili oleh Ke Kepala SMP Negeri 1 Pangkatan Sugiarto dan Kepala SMP Negeri 1 Bilah Hulu Slameto. Kegiatan tersebut dirangkai dengan pengundian hadiah luckydraw berupa Tas dan Sepatu Sekolah bagi para pelajar yang mampu menjawab pertanyaan dari para nara sumber terkait Narkoba dan HIV/AIDS.[rs/red]
Teks Foto : Bupati Labuhanbatu diwakili Kabag Kesra Setdakab Labuhanbatu Bangun Siregar, S.Pd saat memberikan hadiah lucky draw kepada salah seorang pelajar SMP Negeri 1 Bilah Hulu.