BELAWAN  | GLOBAL SUMUT-Pengawas Keamanan Pelindo-I Cabang Belawan Serka Edi Ahmad Siregar amankan barang bawaan kapal Elida Samudra. Barang tersebut puluhan gallon aqua, antenna TV, Gas elpiji, dan puluhan jenis lainnya masuk ke Pelabuhan IKD Belawan tanpa izin. Sabtu (02/9).
           
Ceritanya berawal dari agen kapal Elida samudra berinisial Dani bawa masuk barang-barang bawaan kapal ke dermaga IKD Belawan. Petugas yang sedang lakukan patroli keliling temukan barang bawaan itu, ketika ditanyakan tak seorangpun yang akui pemiliknya. Barang-barang milik kapal Elida diamankan ke Pos Jaga Pelindo-I Cabang Belawan.

Agen Dani dan Kapten kapal Elida Samudra temui pengawas Serka Edi Ahmad Siregar. Keduanya bermaksud ambil barang yang diamankan, sayangnya kebiasaan buruk Dani muncul dan coba suap petugas. kebiasaan buruk Dani itu kandas di tangan Edi.
“Kami tugas di sini, barang apapun tidak bisa seenaknya masuk di Pelabuhan Belawan kecuali jelas ada surat izinnya. Kesalahan besar pemilik barang ini (Dani-red) coba suap kami”. Kata Edi yang didampingi anggota dan Security.

Kapten kapal Elida Samudra berinisial J dihadapan pengawas dan Dani akui percobaan suap itu. Menurut J dirinya juga kaget atas tindakan Dani. “Saya juga bingung kenapa barang-barang kapal Elida dibiarkan terlantar di dermaga, tadinya saya kecarian. Bapak itu (Dani-red) salah, masak komandan pengawas mau disuap”. Kata J sambil arahkan telunjuk tangannya ke Dani.

Agen kapal yang 1 ini Dani terkesan biasa lakukan hal suap menyuap di Pelabuhan Belawan. Dani akui perbuatannya hal yang biasa dilakukan di Sundari. “Ini biasa saya lakukan di Sundari, gak ada masalah. Maksud saya bukan suap pengawas, lagian saya belum berikan uangnya”. Elak Dani.

Humas sekaligus Manager Umum Pelindo-I Cabang Belawan Khairul Aulia ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Sabtu (02/9) belum ketahui masalah itu. Menurut putra Belawan tersebut dirinya sedang sibuk layani masyarakat yang datang ambil daging Qurban. “saya belum tahu masalah itu, saya sedang sibuk layani masyarakat yang ambil daging Qurban, nanti saya cari tahu”. Kata Aulia.[man]