0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Komandan Lantamal I Kolonel Laut ( P) Ali Triswanto, S.E.M.Si melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H/2017 M bersama Ribuan umat muslim di Lantamal I dan sekitaran Kota Belawan bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I. Jumat (1/9).

Bertindak sebagai Imam pada Sholat Idul Adha Al Ustads Imam Irwanto S.Hi

Dalam ceramahnya Ustads Imam Irwanto, S.Hi mengatakan bahwasanya hakikat qurban pada saat Idul Adha adalah bahwa harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah. Sebagaimana ujian Allah kepada Nabi Ibrahim, hikmah dari segala peristiwa qurban tidak lain adalah untuk memperoleh ridho Allah SWT melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang dikerjakan menurut ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam Idul Adha.

Dimensi sosial dalam tradisi qurban sudah bisa dibaca dengan kasat mata bahwa ibadah qurban memberikan kesejahteraan kepada lingkungan sosial berupa daging kurban yang notabene hanya bisa dijangkau kalangan elite. Ini berlaku di desa, bukan di kota-kota yang memang sudah terbiasa makan daging. Dengan qurban dari perspektif sosial, ini menjadi bagian dari ketakwaan kita kepada Allah secara horizontal. Jadi Allah selalu memerintah hambaNya untuk selalu mengharmonisasikan antara ibadah vertikal (hablum minallah) dan ibadah horizontal (hablum minannas). Keduanya berjalan beriringan.

Ditempat terpisah akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban berjumlah 11 Lembu dan 14 kambing yang bertempat di Komplek TNI AL Barakuda.

Turut hadir dalam acara Sholat Id Wadan Lantamal I Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Asisten Danlantamal I,Kasatker/Kadis Lantamal I,Wakil ketua Korcab I DJAB dan pengurus Jalasenastri, Seluruh Prajurit Lantamal I dan Masyarakat Kota Belawan dan sekitarnya.[abu]

Post a Comment

Top