0
JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia tahun 2018, TNI akan menggelar Lomba Lari Marathon Tingkat Internasional (The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018) bertempat di Pantai Kuta, The Mandalika, Lombok pada tanggal 23 September 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Jasmani Angkaran Darat (Kadisjasad) Brigjen TNI Mochammad Hasan selaku penanggung jawab kegiatan marathon, pada acara press conference di Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa malam (26/6/2018).

Lebih lanjut Kadisjasad mengatakan bahwa lomba marathon berskala internasional dalam rangka HUT ke-73 TNI tahun 2018 tersebut ditargetkan diikuti oleh lebih dari 10.000 pelari yang berasal dari Indonesia dan mancanegara. “Total hadiah yang akan diperebutkan senilai 10 milyar rupiah lebih,” ucapnya.
Menurut Brigjen TNI Mochammad Hasan, lomba marathon yang di selenggarakan oleh TNI ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional, khususnya pada cabang atletik lari marathon.
“Yang utama adalah mendukung program pemerintah dalam rangka mengembangkan olahraga lari dan mencari bibit-bibit atlet nasional. Selain itu, mengenalkan destinasi baru pariwisata Indonesia pada dunia internasional, khususnya di Lombok Nusa Tenggaa Barat,” ungkapnya.
Adapun kategori yang akan dilombakan dalam The Indonesian National Armed Forces International Marathon2018, antara lain: jarak 5 K bagi pelajar dan pelari nasional putra dan putri, 10 K bagi master, atlet nasional dan anggota TNI-Polri, 21 K bagi master, anggota TNI-Polri, anggota Angkatan Bersenjata dan Polisi negara sahabat, atlet nasional dan atlet internasional, sedangkan jarak 42 K bagi atlet nasional dan internasional.
Selain kegiatan lari marathon, juga dilaksanakan pekan budaya, pameran Alutsista, karya bhakti dan bhakti sosial kesehatan berupa pengobatan massal bagi masyarakat Lombok.  Pada pelaksanaan marathon nantinya para peserta juga akan dimanjakan dengan keindahan alam dan situs-situs wisata bertaraf internasional-The Mandalika, Lombok.

Dalam ajang bergengsi tersebut akan hadir dan ikut berpartisipasi para atlet elit nasional dan internasional asal Indonesia seperti Agus Prayogo, Atjong Tio Purnama dan Odekta Vina.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba, bisa mendaftarkan diri, pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 9 Juni 2018,  pada Official Website The Indonesian National Armed Forces International Marathon 2018 :www.tnimarathon.com.[red]

Post a Comment

Top