0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Polda Sumatera Utara menggelar Rapat Kordinasi Persiapan Pengamanan Torch Relay Asian Games 2018, Rabu (25/7/2018).
 
Rencananya, kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 akan melintasi di sejumlah kabupaten/kota di kawasan Sumatera Utara.  Dalam arahannya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan kegiatan ini merupakan momen untuk menggelorakan semangat kepada para generasi penerus bangsa khususnya para pelajar di seluruh Provinsi Sumut dengan menghadirkan para pelajar di kegiatan ini.

Secara keseluruhanm Paulus sepakat dengan usulan bahwa FKPD harus terlibat dalam kegiatan lari dan membawa obor Asian Games ini guna memberikan semangat dan meningkatkan cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

Sedangkan terkait anggaran terhadap transportasi dan penginapan akan didukung oleh Pemprov dan Pemkab secara langsung. Pengamanan menjadi tanggung jawab para Kapolres masing-masing daerah.

“Saya berharap adanya perhatian khusus dari Pemprov khususnya menyambut momen ini terhadap para atlet maupun mantan atlet berprestasi dari Sumut,” kata Irjen Paulus, Rabu (25/7/2018).

“Kita perlu laksanakan gladi bersih dan viralkan kepada media untuk menunjukkan semangat dari kegiatan Torch Relay maupun kesiapan Sumut dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kita akan menggunakan jalur arteri guna memudahkan masyarakat dalam menonton kegiatan Torch Relay ini,” jelas Irjen Paulus.

Masih kata Irjen Paulus, untuk arus lalu lintas saat kegiatan berlangsung, kita telah memerintahkan Dirlantas dan juga Kasat lantas se Sumut untuk keamanan para peserta. Agar pergerakan api obor di Sumut ini dapat kita maknai dengan suatu kebanggan bahwa Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games.

“Mari kita bersama berikan apresiasi kepada pemerintah yang begitu serius menyiapkan seluruh kegiatan tersebut dengan mendukung kelancaran kegiatan tersebut,” ucap Irjen Paulus.

Hadir dalam Rakor itu, Wakapolda Sumut Brigjen Agus Andrianto, Irwasda dan PJU lainnya,. Sedangkan dari pemprovsu diwakili oleh Kadispora Sumut Baharuddin Siagian.

Baharuddin menyampaikan kepada masing-masing Pemkab, yang paling utama dalam kegiatan ini adalah pengarahan massa. Agar para Pemkab dapat menghadirkan massa untuk memeriahkan kegiatan ini.

“Kita berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan kekayaan alam, budaya dan keindahan di Prov. Sumut kepada masyarakat internasional,” katanya.

Dispora Sumut memastikan akan mendukung seluruh kebutuhan anggaran kegiatan tersebut, agar segera laporkan terkait setiap perencanaan kebutuhan anggaran masing-masing daerah khususnya kebutuhan transportasi dan penginapan.

“Kami dari pihak Dispora telah melaksanakan rapat-rapat bahkan telah menyiapkan seluruh pengadaan kebutuhan dari kegiatan tersebut,” sebut Bahar.

Polda Sumut akan melibatkan sebanyak 204 personel Satgas Polda Sumut dan 917 personel Satgaswil Jajaran Polda Sumut dalam melaksanakan pengamanan di seluruh wilayah Sumut saat kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 berlangsung.[red]

Posting Komentar

Top