0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengapresiasi inisiasi PMI Sumut yang menggelar kegiatan Pasar Bebas Covid-19. Karena didalam perjalanannya, pasar atau pajak - pajak kita punya potensi menjadi Cluster Penyebaran dan penularan virus Covid-19, untuk itu Pemko Medan terus mengingatkan seluruh masyarakat yang beraktifitas di Pasar untuk mengikuti Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Demikian hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan ketika meninjau Pasar Tradisional Halat Jalan Halat Medan, sekaligus melihat langsung kegiatan Pasar Bebas Covid, Kamis (2/7). Selain meninjau pasar ini Akhyar bersama Ketua PMI Sumut, DR. H. Rahmat Shah dan Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP juga mengajak seluruh pedagang agar mengikuti protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Dijelaskan Plt Wali Kota Medan, Pemko Medan tidak pernah berhenti untuk terus menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan ketika beraktifitas, terkhusus di Pasar. hal ini dilakukan agar dapat mencegah penyebaran Virus Covid-19. Apalagi kali ini PMI Sumut ikut berperan dalam menghimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk mengikuti Protokol Kesehatan, diharapkan Pasar Halat menjadi Pasar Bebas Covid-19

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada PMI Sumut yang telah menggagas kegiatan Pasar Bebas Covid-19. Diharapkan kegiatan ini dapat semakin menambah kesadaran dan kepedulian masyarakat. Artinya peran serta dan kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19", katanya.  Sementara itu Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumut, Rahmat Shah mengungkapkan bahwa kegiatan Pasar Bebas Covid-19 ini akan dilakukan diseluruh Pasar atau Pajak. Tentunya seluruh Petugas PMI bersedia dan siap membantu untuk mencegah penyebaran dan penularan Virus Covid-19.

Menurut Rahmat Shah, semua upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah, Petugas Keamanan maupun PMI dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 tidak akan berhasil jika tidak ada kesadaran masyarakat untuk peduli. Sebab jika diri kita sudah tertular maka penyebarannya akan sangat cepat.

"Kami berharap kesadaran dan kepedulian masyarakat tanpa pamrih untuk mentaati protokol kesehatan. Artinya jika bersama - sama kita peduli maka cobaan yang berat ini dapat diatasi dan kita kembali beraktifitas seperti biasa", ungkapnya.

Seperti diketahui upaya menjadikan Pasar Halat bebas Covid-19 diinisiasi PMI Sumut. Selama 5 hari, PMI menurunkan sejumlah relawannya di Pasar Halat guna mengedukasi masyarakat dan pedagang agar melaksanakan protokol kesehatan selama beraktifitas di pasar. Selain menggunakan masker, masyarakat dan pedagang juga diingatkan agar senantiasa jaga jarak (physical distancing) dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.[Maashuri]

Posting Komentar

Top