0
STABAT | GLOBAL SUMUT -Melalui peringatan Hari Kartini ke-134 tahun 2013 yang mengusung tema “upaya peningkatan ketahanan keluarga dalam mengatasi permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak “ Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH mengharapkan semua pihak memiliki kesadaran pentingnya memelihara ketahanan keluarga melalui jasa besar kaum perempuan dan tidak melakukan pelecahan terhadap perempuan dan anak.

“Untuk itu komitmen semua pihak diharapkan, persamaan derajat tidak harus melupakan kodrat perempuan sebagai ibu rumah tangga dan istri sebagai pendamping suami,” tegas Bupati Langkat itu pada acara peringatan Hari Kartini yang dirangkai kegiatan pelantikan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab Langkat periode 2013– 2018 berlangsung  di Alun-alun T. Amir Hamzah, Selasa (14/5).

Pada bagian lain Haji Ngogesa merasa bangga atas keberadaan kaum perempuan, karena berkat perjuangan dan jerih payahnya mampu melahirkan pemimpin Bangsa, baik politik, Pemerintahan  maupun perusahaan dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dikatakannya pada pendapat lain perempuan adalah tiang Negara, jika perempuannya baik maka baiklah Negara dan jika perempunnya tidak baik maka runtuhlah Negara, hal tersebut kiranya   menyiratkan betapa posisi kaum perempuan menentukan dalam tegaknya suatu bangsa, tegaknya suatu peradaban hingga tegaknya sebuah keluarga.

Wakil Ketua DPRD Langkat Drs. H. Abdul Khair, MM mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Langkat yang telah menyelenggarakan kegiatan itu, pihaknya juga menyatakan bahwa kaum perempuan sangat berperan bagi kemajuan dan pembangunan Bangsa dan Negara yang terbukti dari satu diantaranya penetapan kuota 30% kaum perempian untuk menduduki jabatan legislatif.

Sementara Ketua TP. PKK Kab. Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa menjelaskan persamaan hak untuk memperoleh pendidikan dan berkiprah bagi kepentingan bangsa yang telah terbuka luas hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin tetapi harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada suami selaku penanggung jawab keluarga, terlebih kepada Allah SWT yang memberikan amanah sebagai Ibu rumah tangga.

Silahkan berkiprah sesuai dengan kemampuan, persyaratan, norma dan ketentuan aturan yang ada dengan tidak menyalahi kodrat sebagai kaum perempuan dan tidak mengabaikan rumah tangga sebagai ladang utama ibadah kita” pesan istri Bupati Langkat itu.

Dirinya juga berharap agar keberadaan kaum perempuan dan anak harus terus menjadi perhatian sebab akhlak terbaik seseorang adalah apabila mampu bersikap lemah lembut kepada istri dan anak-anaknya.

Peringatan Hari Kartini juga diisi dengan pembacaan riwayat singkat sejarah kelahiran dan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang dibacakan oleh Ketua ranting B cabang 7 gabungan jalasenastri Korps Marinir Ny. Nesih Romy Hutagaol.

Ketua panitia Hj. Ratna Sari melaporkan Peringatan Hari Kartini juga diisi dengan sejumlah kegiatan yakni pemeriksaan IVA gratis kepada anggota organisasi wanita se-Kabupaten Langkat berkerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Akper/Akbid, bakti sosial kepada lansia oleh GOW dan perlombaan pemilihan penampilan Kartini terbaik.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top