0

Tim Kabau Sirah bangkit dari ketertinggalan untuk membalikkan keadaan yang membuat mereka menggenggam tiket delapan besar.

GLOBAL SUMUT -Vendry Mofu menjadi pahlawan Semen Padang setelah golnya di masa injury time memastikan tim Kabau Sirah memetik kemenangan 2-1 atas klub Vietnam SHB Da Nang pada babak 16 Besar Piala AFC 2013 di Stadion H Agus Salim, Selasa (14/5).

Hasil itu membuat Semen Padang mengulangi torehan mereka di Piala Winners Asia pada musim 1993/94 saat menembus delapan besar. Dengan demikian, Semen Padang juga mengikuti langkah PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Arema IPL yang lolos ke perempat-final kompetisi antarklub kasta kedua Asia ini.

Semen Padang dan Da Nang memperagakan permainan terbuka demi mendapatkan tiket ke perempat-final. Tuan rumah lebih dulu mendapatkan peluang melalui striker andalannya Edward Wilson Junior di awal laga, tapi masih belum menemui sasaran.

Jual-beli serangan terjadi di pertandingan ini. Hanya saja, penyelesaian akhir yang buruk membuat Semen Padang dan Da Nang masih belum bisa menjebol gawang lawan masing-masing.

Laga berjalan setengah jam, pendukung Semen Padang terbungkam setelah tim tamu lebih dulu membuka keunggulan. Bomber andalan Da Nang, Gaston Merlo, lepas dari kawalan pemain belakang tuan rumah, dan masuk ke dalam ke kotak penalti untuk menaklukkan kiper Fakhrurrazi.

Semen Padang meningkatkan intensitas permainan mereka. Menjelang babak pertama berakhir, fans tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan setelah Wilson mampu menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan wasit setelah David Pagbe dijatuhkan di kotak terlarang.

Gol di penghujung babak pertama ini memicu motivasi pemain tim besutan Jafri Sastra tersebut. Tekanan demi tekanan dilakukan Semen Padang. Peluang diperoleh Wilson, tapi sundulannya yang memantul tanah melambung di atas mistar gawang pada menit ke-54.

Selepas laga berjalan satu jam, Da Nang lebih memilih memperkuat barisan pertahanan, dan sesekali melakukan serangan balik. Peluan didapat Wilson, tapi sundulannya menyambut umpan Esteban Vizcarra masih melebar.

Kendati mendapat tekanan, serangan balik yang diterapkan Da Nang sempat menghadirkan ancaman di menit ke-76. Namun tendangan Merlo yang berdiri bebas masih menyamping dari gawang Fakhrurrazi.

Kubu Semen Padang sempat bersorak kegirangan pada menit ke-82 ketika Titus Bonai menjebol gawang Da Nang. Namun wasit menganulir gol tersebut, karena dianggap lebih dulu terjadi pelanggaran.

Di saat pelatih kedua tim sudah mulai merancang strategi yang akan diterapkan di perpanjangan waktu, Vendry Mofu tampil sebagai pahlawan Semen Padang di masa injury time. Umpan silang dari sisi kanan diselesaikan Mofu dengan baik untuk memberikan Semen Padang kemenangan.
goal.com.

Posting Komentar

Top