0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi didampingi Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay SH melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dihari Pertama Kerja Tahun 2014, Kamis (02/01/2014). Tempat yang disidak pertama Plt Walikota bersama rombongan adalah Kantor Dinas Kesehatan Kota Medan.

Setibanya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Medan Plt Walikota langsung mengecek daftar absensi kehadiran Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan termasuk Kepala Puskesmas yang saat itu baru selesai menggelar Apel Pagi yang dipimpin Kadis Kesehatan drg Usma Polita Nasution.

Setelah Eldin melakukan pengecekan diketahui terdapat Pegawai dan Kepala Puskesmas yang tidak hadir yakni Kepala Puskesmas Utama Kecamatan Medan Polonia, mengetahui itu Eldin langsung memerintahkan Kadis Kesehatan agar menjatuhkan sanksi terhadap Kepala Puskemas tersebut.

Sebagai Instansi pelayanan Masyarakat sudah seharusnya mengutamakan Tugas dan tanggung jawab dengan sebaik baiknya, untuk itu kepada siapapun yang tidak hadir di hari pertama kerja ini tanpa alasan harus segera dijatuhkan sanksi yang tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku terlebih tahun ini dimulainya Program BPJS Kesehatan , kata Eldin.

Menurut Eldin, sidak yang dilakukannya ini untuk melihat sejauh mana kesiapan seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimana saat ini telah memasuki tahun 2014, artinya jajaran Dinas Kesehatan harus berlomba lomba bagaimana caranya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan tanpa menuntut atau mengharapkan embel embel maupun pujian dari pimpinan , ungkapnya.

Kepada Kepala Puskesmas Eldin berpesan, tugas utama kepala puskemas bukan hanya mengobati masyarakat yang sakit atau menunggu warga yang datang berobat, untuk itu Kepala puskesmas harus mampu memberikan pemahaman kesehatan kepada masyarakat terutama dengan program BPJS yang jika masyarakat ingin berobat maka tidak akan dikenakan biaya, dimana Dengan begitu masyarakat dapat mengetahui bagaimana caranya mencegah dirinya agar tidak jatuh sakit, ucap Eldin.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kota Medan drs Usma Polita Nasution dalam kesempatan tersebut menjelaskan presentase kehadiran pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Medan hampir 99 persen.

Hanya tiga orang saja yang tidak hadir tanpa alasan jelas, termasuk Kepala Puskesmas Utama Kecamatan Medan Polonia , katanya

Terkait dengan tidak hadirnya Kepala Puskesmas Kecamatan Medan Polonia, drg Usma Polita mengaku siap untuk menjatuhkan sanksi terkait dengan ketidakhadiran Kepala Puskesmas Utama Kecamatan Medan Polonia. Sanksi yang akan dijatuhkan akan disesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan sesuai dengan isi Peraturan Pemerintah No.30.

Selanjutnya Plt Walikota bersama Rombongan melanjutkan sidak di RSUD dr Pirngadi Medan. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat apakah seluruh jajaran RSUD dr Pirngadi siap memberikan pelayanjan kesehatan kepada masyarakat pasca libur umum menyambut Tahun Baru 2014. Kedatangan Eldin disambut Dirut RSUD dr Pirngadi, dr Amran Lubis. Eldin melihat sejumlah pasien di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) tengah mendapatkan perawatan maksimal.

Berdasarkan pantauannya, Eldin menilai, pelayanan yang diberikan sudah bagus namun harus ditingkatkan agar lebih bagus lagi. Apalagi RSUD dr Pirngadi telah mendapatkan penilaian terbaik dari Ombudsman dengan predikat zona hijau untuk itu kepada pihak rumah sakit harus tetap menjaga predikat tersebut dengan meningkatkan pelayanan, nilainya.

menurut Dirut RSUD dr Pirngadi dr Amran Lubis, tingkat absensi seluruh
jajarannya mencapai 100 persen. Dari 1.600 pegawai yang ada, 50 diantaranya yang beragama Kristen tengah cuti untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

Sumber : DINAS KOMINFO KOTA MEDAN

Posting Komentar

Top