0
DELI SERDANG | GLOBAL SUMUT-Melihat karakteristik Deli Serdang yang cukup potensial, Konsul Jenderal (Konjen)  Jepang Yuzi Hamada menawarkan agar antara Pemerintah Jepang dengan Deli Serdang yang dipimpin duet H Ashari Tambunan-H Zainuddin Mars menjajaki kerjama “sister city” dengan salah satu kota di Jepang yang memiliki karakteristik dan potensi yang hampir sama.
Tawaran kerjasama “sister city” itu diungkapkan Yuzi Hamada saat beraudiensi dengan Bupati H Ashari Tambunan didampingi Wakil Bupati H Zainuddin Mars, Rabu (28-05-2014) di ruang rapat bupati di Lubuk Pakam.
Dalam pertemuan yang penuh keakraban itu Konsul Jepang Yuzi Hamada yang didampingi  Keiji Tamaka, dr T Kemala, Dr Listiani Nurul Huda,  Jamharil Umeda serta Mariati (Sek Konjen Jepang) dan Prof Arif Nasution menyebutkan banyak bentuk kerjasama yang dapat dibangun antara pemerintah Jepang dengan Deli Serdang. Beberapa kerjasama yang dapat dilakukan antara lain pada sektor pendidikan, pertanian, industri, perikanan dan ketenaga kerjaan.
Pada dasarnya, pemerintah Jepang siap mengundang nara sumber untuk melakukan pelatihan kepada warga Deli Serdang bahkan siap memfasilitasi pengusaha-pengusaha menengah untuk magang di sejumlah perusahaan yang ada di Jepang.
Bupati H Ashari Tambunan sangat tertarik dengan berbagai program yang ditawarkan Konjen Jepang yang secara umum untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia begitu juga sumber daya alam yang ada di daerah ini. Pemkab Deli Serdangi akan membentuk tim untuk menjajaki berbagai peluang dan bentuk kerjasama dengan pemerintah Jepang.
Pada kesempatan itu, bupati juga berharap kepada Konjen Jepang untuk membawa investor dari negeri “Sakura” agar berinvestasi di Deli Serdang. Pemkab  siap memberikan pelayanan dan berbagai kemudahan kepada seluruh investor jika ingin menamkan investasinya di Deli Serdang.
Usai beraudiensi, Konjen Jepang dan rombongan bersama Kadis Dikpora Dra Hj Saadah Lubis meresmikan proyek dana bantuan hibah pemerintah Jepang berupa pembangunan gedung sekolah MTS Al-Washliyah di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan.
Turut mendampingi bupati, Asisten I H Syafrullah S.Sos, Kepala Bappeda Ir Irman Dj Oemar, Sekretaris Infokom Drs H Asli Rambe, Kabag Kemasyarakatan Nasib S.Sos serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya.(Red)

Posting Komentar

Top