0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Hubungan antar kota dan antar negara baik secara bilateral maupun multilateral sangat mempengaruhi berbagai keberhailan dalam membangun daerah, bahkan dalam kecendrungan globalisasi saat ini kota-kota yang mampu mengembangkan kerja sama antar kota secara regional di berbagai bidang, dipercaya akan mampu memanfaatkan berbagai peluang ekonomi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat. Hal inilah yang mendorong Kota Medan untuk terus membangun persahabatan dengan kota-kota yang ada secara regional dalam bentuk sister city.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat tidak terlampau lama lagi kami harapkan Kota Medan juga bisa mendapatkan saudara baru dari Kota di Amereka Serikat sebagai mana yang sudah digagas dengan Kota Milwaukee,” ujar Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Hal ini disampaikan oleh Eldin saat acara penandatanganan prasasti Taman  Persahabatan Amereka Serikat dengan Kota Medan, sekaligus gotong royong di Taman Beringin, Jalan Cik Ditiro, Medan, Sabtu (25/10/2014).

Hadir Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera Mr Y Robert Ewing, Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia Mr Mark Sticpoole, Kapten Kapal USS Davis Mr Todd E Whalen, Penggagas Medan Berhias Dewi Budiarti dan Forum Koordinasi Pempinan Daerah Kota Medan.

Dikatakannya, disamping kerja sama ekonomi dan perdagangan, kerjasama kebudayaan diharapkan dapat terus ditingkatkan dengan kota-kota regional pada masa yang akan datang. Kerja sama kebudayaan diyakini akan membangun jembatan hati dan suasana batiniah yang semakin jujur dan terbuka dalam pergaulan antara bangsa, pendekatan kebudayaan bahkan bisa mengalahkan kalkulasi ekonomi dalam kebijakan dan program-program yang dikembangkan di antara kota-kota bersaudara.

Menurutnya, simbol-simbol persahatan secara kebudayaan inilah sebagai salah satu makna pokok dari acara yang digelar dibingkai dalam bentuk penandatanganan prasasti Taman Persahabatan Amereka Serikat dengan Kota Medan yang dirangkai dengan gotong royong kebersihan Taman Beringin yang menghadirkan awak Kapal USS Davis, relawan lingkungan, dan Pemerintah Kota Medan serta jajarannya.

“Saya mengucapaak selamat atas kunjungan awak Kapal USS Davis, serta Atase Angkatan Laut AS untuk Indonesia, mudah-mudahan tamu kami mndapatkan kesan dan rasa aman, nyaman selama tinggal di Kota Medan seperti negara atau kota sendiri di Amerika Serikat,” ujar Eldin.

Lebih lanjut dikatakannya, ke depan di Amerika Serikat akan ada prasasti taman persahabatan yang sama dengan Kota Medan. Sebagai kota metropolitan, Medan diharapkan dapat berkembang tidak hanya dengan gedung-gedung bertingkat tetapi juga dilengkapi taman-taman indah dan asri sebagai salah satu tempat interaksi sosial oleh masyarakat. Dengan adanya taman persahabatan ini sekaligus menjadi  inspirasi, spirit dan semangat baru untuk mewujudkan taman-taman kota yang semakin indah di Medan pada masa datang.

Konjen Amerika Mr Y Robert Ewing mengungkapkan rasa bangga dan senang rombongannya berkunjung ke Medan dan berharap taman ini nantinya sebagai tempat berkumpul warga Amerika Serikat dengan warga Kota Medan. Rombongan yang datang selain Atase Militer Angkatan Laut AS, juga 200 awak Kapal USS David. Kunjungan ini dalam rangka latihan bersama dengan Angkatan Laut Indonesia dalam rangka meningkatkan pertahanan maritim. Kemudian berkunjung ke USU dan sejumlah SMA di Medan. Mereka berada di Medan dari 23 sampai 27 Oktober.(Red)

Posting Komentar

Top