0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara berharap Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk semakin menprioritaskan kesehatan ibu, bayi dan balita karena sebagai acuan dalam pembangunan Sumatera Utara. Hal itu disampaikan pada kata sambutan Gubsu yang dibacakan Pelaksana Tugas Sekda Provsu Hj Sabrina pada pembukaan Forum SKPD bidang Kesehatan Provsu tahun 2015, (20/3) di Asrama Haji Medan Jln AH Nasution Medan.

Hadir pada acara tersebut Kadis Kesehatan Provsu Dr Raden Roro Siti Hartati Surjantini MKes, Kepala BPJS Divre I Sumut-Aceh Ferry Aulia serta sejumlah Kadis Kesehatan kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Menurutnya renja SKPD wajib disusun berdasarkan program prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam berbagai kegiatan baik itu di provinsi maupun Kabupaten /Kota."Forum ini menjadi sangat penting karena akan melakukan sinkronisasi untuk sasaran kesehatan kepada masyarakat secara menyeluruh dan diharap tepat sasaran,"papar Sabrina.

Renja ini juga akan menghasilkan singkronasi antara lain hasilnya Musyawarah Rencana Pembangunan (musrembang). Sebelumnya Sabrina juga menjelaskan dalam konsultasi publik atas rencana awal RKPD Sumut telah disosialisasikan kesinambungan pembangunan melalui peningkatan daya saing dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). "Pembangunan Sumut adalah peningkatan aksesibilitas dan pelayanan kesehatan,"jelasnya

Lebih lanjut pembangunan Kesehatan dalam RKPD Sumut selain prioritas peningkatan ibu, bayi dan balita,  diantaranya perbaikan gizi buruk, pengendalian penyakit menular dan penyehatan lingkungan, pemenuhan pengembangan SDM kesehatan dan jamkesmas hingga penggunaan dan pengawasan obat dan makanan. Dengan adanya forum ini diharapkan program-program yang dapat diselaraskan dan diterapkan pada kesehatan pada masyarakat.

Sementara ketua Panitia Forum SKPD bidang kesehatan Provsu tahun 2015 dan juga Sekretaris Dinas Kesehatan Provsu Afwan Lubis kegiatan ini upaya menyelaraskan program dan kegiatan SKPD Dinas Kesehatan Provsu tahun 2016 dengan usulan program dan kegiatan hasil musrembang Kabupaten/Kota.

Selain itu mempertajam indikator serta target kinerja dan kegiatan SKPD sesuai tugas dan fungsi SKPD. Yang mana forum SKPD bidang kesehatan tahun 2015 dilaksanakan selama dua hari mulai 19 s/d 20 Maret 2015 di Asrama Haji medan.(ulfah)

Posting Komentar

Top