0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Forum Ormas Islam Belawan menggelar Tabligh Akbar  dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj dan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H, Sabtu (6/6/2015) di Perguruan Muhamadiyah Belawan.

Kegiatan ini dilakukan oleh Forum Ormas Islam Belawan yang merupakan gabungan dari ormas Muhammadiyah, Al Washliyah dan Nadhatul Ulama Kecamatan Belawan.

Hadir sebagai narasumber dalam Tabligh Akbar  ini Dr. Amirsyah Tambunan selaku Wakil Sekjen MUI Pusat, Ustad Rafdinal, MAP, selaku Ketua Forum Masjid Sumatera Utara, dan Ustadzah Oki Setiana Dewi (Pengisi/narasumber acara  ‘Islam itu Indah’ di Trans TV dan mantan artis Film “Ketika Cinta Bertasbih”).

Dalam tausyiahnya, Dr. Amirsyah Tambunan menyampaikan bahwa ini merupakan momentum yang sangat penting, dimana ketiga ormas islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah, Al Washliyah dan Nadhatul Ulama bersatu, bersatu dalam semangat dalam menghadapi berbagai persoalan masyarakat yang terjadi khususnya yang ada di Belawan. “Kondisi permasalahan masyarakat saat ini semakin memprihatinkan, masalah narkoba, perjudian, prostitusi dan perampasan yang bukan menjadi haknya semakin menjadi, termasuk pengambilalihan asset-asset masyarakat dan negara yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat kita prihatin, dengan berlindung dibalik Hukum asset-asset berupa tanah tersebut semakin gampang beralih. Dengan semangat memperingati Isra’ Mi’raj, semua umat harus waspada dan bersatu dalam menghadapi tantangan-tantangan yang terjadi pada saat ini termasuk kejahatan-kejahatan yang terjadi diberbagai lini tersebut,” urai Amirsyah.

Sementara ustadz Rafdinal dalam tausyiahnya yang menggelegar, mengajak semua umat untuk merapatkan dan menguatkan barisan dan shaf, menyatukan semangat, pikiran, jiwa dam komitmen umat untuk meningkatkan kualitas iman dan nilai dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin nyata.  “Kita harus menjadi umat yang satu, umat kuat, dan umat yang kokoh. Tidak boleh bercerai berai, apalagi masalah yang dihadapi umat saat ini semakin merajalela.  Tegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dikota Belawan ini. Bersihkan kota Belawan dari segala kemaksiatan termasuk perampasan tanah Umat dan Negara oleh pelaku kejahatan. Pertahankan Asset umat dan Asset Negara yang ada di Belawan! Semua Harus Bersatu untuk menjaga ini!,” tegas Rafdinal.

Puncak acara, diisi oleh Ustadzah Oki Setiana, yang menyampaikan kisah Isra’ Mi’raj dan kesiapan diri dalam menghadapi Ramadhan. Antusiasme masyarakat Belawan sangat tinggi menghadiri acara Tabligh Akbar ini, lebih dari 5.000 jemaah memadati lapangan Perguruan Muhammadiyah sejak pukul 19.00  hingga usai acara.

Sebelumnya Ketua Forum Ormas Islam Belawan Peduli Belawan, M. Badlun Alkholidi dalam sambutan pembukaan, menyampaikan bahwa Forum Ormas Islam ini terbentuk dari keprihatinan masyarakat Belawan atas persoalan yang timbul di masyarakat. Perjudian, Narkoba, Prostitusi dan sekarang ini yang terjadi adalah permasalahan krusial yaitu masalah Tanah di Belawan. Dimana begitu gampangnya pihak yang tidak jelas begitu gampangnya menjarah tanah-tanah yang bukan menjadi haknya. Ini terlihat dari begitu gampangnya Asset Negara dan BUMN dalam hal ini Pelindo I bisa diklaim oleh perorangan yang tidak jelas. Negara dalam hal ini saja kalah, bagaimana lagi dengan masyarakat? . “Dengan bersatunya ormas islam ini tentunya menjadi kekuatan yang besar dan solid dalam menghadapi segala kejahatan ini termasuk mafia tanah,” jelas Badlun.
Pada kesempatan ini juga dikukuhkan Forum Ormas Islam Belawan Peduli Belawan oleh Drs. H. Ilyas Halid, M.Pd,  Kabag Agama dan Pendidikan Pemko Medan yang mewakili walikota Medan. Dan juga dilakukan aksi solidaritas Save Rohingya yang berhasil mengumpulkan donasi dari jemaah yang hadir sebesar Rp. 12 juta lebih dan seuntai kalung emas seberat 5 gram yang diberikan oleh seorang jemaah. Donasi ini selanjutnya diserahkan Forum Ormas Islam Belawan kepada SOMASI (Solidaritas Muslim untuk Umat yang Tertindas) untuk disampaikan ke pengungsi Rohingya.*(Abu)

Posting Komentar

Top