0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Demi khusyuknya pelaksanaan ibadah taraweh umat saat bulan Ramadhan di mesjid Raya Al Maksum Medan, Ketua Komisi C DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi meminta pelaksanaan Ramadhan Fair yang kerap dilaksanakan di badan jalan raya antara taman Sri Deli dan Mesjid Raya, dapat dipindahkan ke lahan kosong Pemko Medan yang berada di jalan Gatot Subroto, Medan.

"Sebaiknya, Ramadhan Fair dapat dipindahkan dari depan Mesjid Raya Medan. Kan, ada lahan Pemko Medan yang kosong di jalan Gatot Subroto persisnya di sebelah Carefour. Pelaksanaan Ramadhan Fair di depan Mesjid Raya bukan tidak mungkin dapat mengganggu kekhusyukan umat dalam menjalankan ibadahnya," jelas Salman kemarin, Senin (1/6/2015).  Pemindahan itu, kata politisi PKS ini, dinilai lebih efektif dan tidak mengganggu ibadah taraweh di Mesjid Raya.

  "Seharusnya betul-betul syiar agama, tanpa mengganggu aktivitas ibadah. Memang hiburan Islami tersebut perlu, tapi tidak boleh mengganggu ibadah," jelasnya.  Dalam waktu dekat, Salman berjanji akan memanggil Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Pemko Medan yang terkait untuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait usulan tersebut.

"Rencananya, kita bersama Komisi C DPRD Medan akan menggundang SKPD terkait untuk membahas rencana pelaksanaan Ramadhan Fair," timpalnya.

Menanggapi wacana tersebut, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menegaskan pihaknya tidak akan memindahkan lokasi pelaksanaan kegiatan Ramadhan Fair ke XII ke lokasi lain.

Menurutnya, pelaksanaan akan tetap dilakukan di taman Sri Deli. Meski begitu, ia meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai pelaksana kegiatan untuk tetap memperhatikan keindahan taman Sri Deli. Sebab, beberapa waktu lalu salah satu tempat bersejarah itu baru saja direvitalisasi dengan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 sebesar Rp9 Miliar.

"Nanti akan kita atur, agar pelaksanaan kegiatan Ramadhan Fair tidak akan merusak keindahan taman Sri Deli," ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Medan, Bursal Manan, mengaku kegiatan Ramadhan Fair yang selama 11 tahun terakhir dipusatkan di kawasan Taman Sri Deli sudah menjadi Ikon Kota Medan. Sehingga, akan sulit memindahkan lokasi yang selama ini sudah menjadi ikon Kota Medan setiap bulan suci Ramadhan.

"Memang sedang kita pertimbangkan beberapa opsi untuk lokasi Ramadhan Fair ke XII," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Medan Busral Manan, belum lama ini.

Memang, dia mengaku pihaknya memiliki dua opsi untuk kegiatan Ramadhan Fair ke XII. Pertama lokasi kuliner tetap di jalan Masjid Raya Al Maksum, namun lokasi panggung yang menjadi kegiatan seremonial dipindahkan ke Istana Maimun, dan Taman Sri Deli dibebaskan dari kegiatan apapun. Kedua, di seputaran kawasan Stadion Teladan atau di tanah eks Taman Ria, jalan Gatot Subroto, yang sebelumnya dijadikan sebagai lokasi kegiatan MTQ.(red)

Posting Komentar

Top