0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi dan sejumlah pejabat teras Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor kedinasan pada hari pertama kerja usai cuti bersama Idul Fitri 1436 Hijrian 2015.

Sidak tersebut berlangsung usai apel pagi jajaran PNS Pemrov Sumut yang berlangsung di halaman kantor Gubernur, Jl Diponegoro Medan, Rabu (22/7/2015).

Turut bersama rombongan Wagub Sumut saat sidak diantaranya Asisten Pemerintah Hasiolan Silaen, Asisten Kesos Zulkarnaen dan Asisten Administrasi Umum dan Asset Fitriyus.

Rombongan pertama kali mendatangi ruang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut kemudian Biro Umum Sekretarias Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumut. Dari pantauan, tingkat kehadiran pegawai BKD dan Setdaprov Sumut mencapai 100 Persen.

Kemudian rombongan melanjutkan sidak ke Kantor Dinas Perhubungan (Disgub) Sumut di Jl Imam Monjol, Kawasan Bandara Polonia Medan. Rombongan diterima sejumlah pejabat eselon III mewakili Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Antony Siahaan yang sedang berada di luar kota. Tingkat kehadiran PNS di kantor Dishub Sumut mencapai 90 Persen.

“Saya berrharap seluruh PNS dan pegwai Dinas Perhubungan untuk meningkatkan kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi kerjanya masing-masing,” harap Erry.

Selanjutnya rombongan Wagub Sumut melanjutkan sidak ke Unit Pelayanan Teknis (UPT) Samsat Medan Selatan di bawah Dinas Pendapatan (Dispenda) Sumut di kawasan Jl Sisingamangaraja Medan. Rombongan diterima oleh Kepala Dinas (Kadispenda) Sumut Rajali dan Kepala UPT Samsat Medan Selatan Faisal Hasrimy.

Dalam kesempatan tersebut, Erry melihat proses pelayanan dan sistim jaringan online pembayaran pajak untuk kas daerah. Erry juga melakukan dialog terbuka dengan sejumlah masyarakat yang sedang mengurus Bea Pajak Kenderaan Bermotor (PKB).

“Mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan membaiknya pelayanan, saya optimis, pendapatan pajak juga akan meningkat. Dengan demikian, pembangunan di Sumuatera Utara akan berjalan seperti yang direncanakan,” ujar Erry.

Erry menyebutkan, pendapatan bidang pajak merupakan salah satu unggulan dalam mendarong Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target.

“Pembangunan akan berjalan dengan baik jika keuangan Pemprov Sumut sehat. Pajak salah satu pendapatan andalan yang harus dikelola sebaik mungkin,” Sebut Erry.

Rombongan kemudian bergerak ke kantor Dinas Kehutanan Sumut yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Ir Hallen Purba. Erry dan rombongan juga menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah pegawai Dinas Kehutanan Sumut, terutama kendala yang dihadapi dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Sumut sudah lama mengalami krisis listrik. Dinas Kehutanan saya harapkan segera menyelesaikan persoalan izin pakai hutan untuk pembangunan pembangkit listrik Asahan III. Sebaiknya Dinas Kehutanan terus berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional agar tuntas,” pesan Erry.

Erry juga mengimbau agar persoalan pembangkit listrik Asahan III segera terealisasi. Sebelumnya, Erry mengaku telah bertemu dengan pihak PLN mengulas izin pinjam pakai hutan yang diberikan Menteri Kehutanan.

 “Izin pinjam pakai hutan telah dikeluarhan Menteri Kehutanan untuk PLN. Artinya, dalam persoalan ini, meski izin pakai hutan sudah dikeluarkan Menteri Kehutanan, masih terdapat sejumlah persoalan baru yakni terkait sertifikat tanah masyarakat yang tinggal di dalam kawasan hutan,” jelas Erry.

Erry juga menyatakan “warning” kepada Dinas Kehutanan terkait masalah reboisasi agar dijalankan sesuai dengan program yang ada. Anggaran yang ada dari pemerintah pusat agar tetap dijalankan sesuai aturan dan mekanisme yang benar.

 “Soal reboisasi jangan dipermainkan. Gunakan dana reboisasi sesuai peruntukan yang telah ditetapkan pemerintah,” imbau Erry.

Sidak terakhir berlangsung di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumut. Tingkat kehadiran PNS dan pegawai Balitbang Sumut mencapai 100 persen, karena sebelumnya para PNS juga turut dalam apel pagi di halaman kantor Gubernur Sumut.

Usai menggelar sidak, Erry meminta BKD Pemprov Sumut melakukan pendataan kehadiran PNS di hari pertama masuk kerja usai Lebaran secara akurat.

 “Ada baikknya PNS yang tidak hadir tanpa alasan dan keterangan yang jelas untuk diberi sanksi. Kalau berprestasi, berikan reward, kalau melakukan pelanggaran jangan sungkan untuk memberikan punishment sesuai ketentuan PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil,” saran Erry. (red)

Posting Komentar

Top