0
SERGAI  | GLOBAL SUMUT-Seratus tiga puluh dua (132) jamaah calon haji Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) 1437 H/2016, Selasa (26/7) di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah ditepungtawari Bupati Ir. H. Soekirman, yang dihadiri Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, mewakili Kapolres Tebing Tinggi dan Sergai, mewakili Kajari Sergai, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan Camat, Kakan Kemenag H. David Saragih, SAg, MM, Ketua MUI Lukman Yahya, FKUB, Ustad H. Samin Pane, para tokoh agama dan alim ulama serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengucapkan selamat kepada para dhuyufurrahman yang merupakan orang-orang pilihan Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Tak lupa berpesan memohon doa untuk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat menjadi kabupaten Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur yakni negeri yang sentosa, adil dan makmur dibawah lindungan Tuhan Yang Maha Pengampun dengan masyarakat yang damai dan sejahtera. Dihimbau kepada para tamu Allah SWT agar senantiasa bersyukur dan memanfaatkan rahmat yang diterima dengan melaksanakan Rukun Islam yang kelima ini sebaik-baiknya.

 Mencermati praktik penyelenggaraan ibadah haji beberapa tahun terakhir bahwa kesempatan seseorang untuk menunai ibadah haji sangat terbatas, untuk itu Bupati Ir. H. Soekirman atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai menghimbau kepada jamaah calon haji yang telah mendapat kesempatan ini agar senantiasa bersyukur dengan memanfaatkan rahmat ini untuk benar-benar beribadah hanya karena Allah SWT. “Laksanakan semua ibadah sesuai aturan dan prioritas dari rukun, wajib dan sunnah”, ujar Soekirman.

Mengakhiri sambutannya Bupati Sergai berpesan kepada para jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan, memelihara perilaku dan perbanyak sabar agar mendapat predikat haji yang mabrur dan hajjah yang mabrurrah.

Sebelumnya Kakan Kemenag H. David Saragih, SAg, MM melaporkan bahwa jumlah jamaah calon haji 132 orang tergabung dalam Kloter 17 terdiri dari 62 orang laki-laki dan 70 orang wanita dengan jamaah tertua Zainab binti Abdul Muthalib berusia 89 tahun dari Kecamatan Tanjung Beringin, sedangkan yang termuda M. Hasan bin M. Yasir Siregar berusia 24 tahun dari Kecamatan Perbaungan. Direncanakan kloter 17 ini akan diberangkatkan dari Bandara Kuala Namu menuju Tanah Suci pada tanggal 30 Agustus 2016.

Sementara itu Ustad H. Samin Pane yang dikenal dengan Ustad Sampan dalam tausiyahnya mengatakan bahwa di Indonesia dikenal dua jenis ibadah haji yakni Haji Tamattu’ dan Ifrad. Haji tamattu’ berarti mengerjakan umrah di bulan-bulan haji, kemudian menunaikan haji di tahun yang sama dan dikenakan denda (dam) sedangkan haji ifrad hanya mengerjakan haji saja.

Kemudian dijelaskan ada tiga amalan yang membebaskan kita dari azab siksa kubur yakni shalat berjamaah selama 40 hari 40 malam berturut-turut, shalat berjamaah di Mesjid Nabawi selama 40 waktu dan ketika meninggal dishalatkan oleh 40 orang shaleh, ujar Ustad Sampan.(putranursaid)

Posting Komentar

Top