0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Setelah sebulan penuh umat muslim diseluruh dunia melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, dan akhirnya meraih Hari Kemenangan yang jatuh pada 1 Syawal 1437 Hijriyah bertepatan pada Rabu (6/7). Begitu juga dengan masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merayakan Hari Kemenangan tersebut.

Suasana peringatan Hari Raya Idul Fitri 1437 H di Tanah Bertuah Negeri Beradat berlangsung aman dan meriah. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat di daerah ini untuk menyambut hari nan fitri ini penuh sukacita serta melakukan silaturahmi dengan sesama umat muslim, serta tidak adanya kendala di hari lebaran tersebut.

Pada pagi harinya ratusan masyarakat berduyun-duyun mendatangi lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah untuk melaksanakan Salat Idul Fitri yang dimulai pukul 07.30 WIB.

Hadir dalam pelaksanaan salat tersebut  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi beserta seluruh keluarga masing-masing, sejumlah pejabat Pemkab Sergai, Ketua MUI dan Kakan Kemenag Sergai.

Bertindak sebagai Imam pada Salat Ied Drs. H. Jamaluddin dan sebagai Khatib Prof. DR. Muzakkir MA dengan menguraikan khutbahnya bertema “Madrasah Ruhaniyah Ramadhan sebagai Media Idul Fitri (kembali pada fitrah)”.

Dalam khutbahnya Al-Ustadz Muzakkir mengatakan bahwa madrasah ruhaniyah Ramadhan merupakan proses dimana kita menata hati, menghidupkan rasa mencerdaskan intelektual dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan harapan dan doa semoga segala mujahadah (kesungguhan) dan pengorbanan serta keikhlasan dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan akan menghantarkan kita menjadi pribadi taqwa kembali kepada kesucian diri (fitrah) sebagai manusia baru dengan kehidupan dan peradaban yang baru.

Berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadist ada tiga ciri orang kembali kepada fitrah setelah menempuh madrasah ruhaniyah Ramadhan yakni senantiasa melakukan amal shaleh, meningkatkan ubudiyah (keshalehan) kepada Allah SWT dan hiasi hidup dengan nilai-nilai akhlakul karimah, pungkas al Ustadz

Usai melaksanakan sholat Ied, pada siang harinya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman menggelar open house dikediaman Jalan Sawit Indah Kelurahan Batang Terab Kecamatan Perbaungan yang dihadiri Wabup Darma Wijaya beserta Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si beserta Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, Kapolres AKBP Eko Suprihanto SIK, MH, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Ciceu Cahyati Dwimeilawati SH, MH, Dandim 0204/DS Letkol (Inf) Hanryan Indrawira, para Kepala SKPD dan Camat, Anggota DPRD, PNS, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama serta masyarakat umum dari dalam dan luar daerah yang ingin bersilaturrahmi. Dalam sambutannya Bupati Soekirman atas nama pemerintah, pribadi dan keluarga mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin".

Dijelaskan juga bahwa open house ini adalah pesta rakyat sebagai wujud dari kebersamaan dengan tidak ada pembatas dan sekat-sekat antara masyarakat dengan pimpinan daerahnya sehingga semakin mempererat tali silaturahmi antara ulama, masyarakat dan pemimpin. Hidangan semua ini juga merupakan kontribusi dari masyarakat seperti pecal, sate padang, bakso dan makanan tradisionil lainnya, ujar Bupati Sergai.

Sebelumnya pada Selasa malam (5/7), Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menghadiri acara gema takbir Idul Fitri 1437 H  yang dilaksanakan di Mesjid At Thoiriyah Desa Melati II Kecamatan Perbaungan.

Acara yang dimeriahkan dengan perlombaan pawai kenderaan hias dan tabuh beduk turut dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST,  Kapolres AKBP Eko Suprihanto, SIK, SH, MH, mewakili Dandim 0204/DS, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten, Kepala SKPD, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Camat, Muspika Kecamatan Perbaungan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta ribuan masyarakat dari berbagai daerah se-Sergai.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berharap penyelenggaraan acara ini berlangsung, aman, lancar dan sukses. Oleh karenanya Bupati memberikan apresiasi kepada semua unsur yang tergabung dalam Operasi Ramadniya Toba yang dipimpin oleh Kapolres Sergai, dengan melaksanakan tugas untuk mengendalikan situasi dan kondisi pada saat Lebaran yang tersebar dibeberapa titik posko rawan macet. "Ini merupakan sebuah kemajuan karena dapat dipantau melalui satu posko saja", ujar Bupati Soekirman.

"Kepada para peserta perlombaan agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Berlombalah secara sportif dan jangan ugal-ugalan dijalan", harap Bupati.

Dalam kesempatan yang sama,  Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut gema takbir hari kemenangan dengan suka cita, aman dan tertib. "Saya juga merasa bangga dengan para tokoh pemuda yang penuh dengan kreativitas menghias kendaraannya untuk mengikuti sekaligus memeriahkan Hari Raya Idul Fitri", ujar Syahlan Siregar.(putranursaid)

Posting Komentar

Top