0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Sebanyak 420 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara ( FKM USU) yang telah menyelesaikan Praktek Belajar Lapangan (PBL), Kamis (10/11) dilepas oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengucapkan terimaksih karena telah memilih Kabupaten Sergai sebagai tempat lokasi PBL. Dengan adanya kegiatan ini Bupati Sergai berharap agar mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan di lokasi kegiatan. Disamping itu mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat dan memberikan solusi serta pencerahan/perubahan sekaligus kontribusi positif pada bidang kesehatan.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman bahwa ada dua hal yang tidak pernah mati dalam hidup ini yaitu cinta dan kenangan. “Meskipun PBL ini berakhir, akan tetapi bila ingin mengimplementasikan kembali ilmu yang didapat dari hasil penelitian dan kembali mengulang kenangan PBL, maka kembalilah ke desa ini. Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat siap menerima para mahasiswa yang ingin membantu memajukan desa di Sergai", ujar Bupati.

Sebelumnya Wakil Dekan USU Prof. Drs. Heru Santoso, MS, Ph.D menyampaikan selama dua bulan melakukan PBL dan tersebar di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Pegajahan dan Kecamatan Tanjung Beringin. Kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menatap fenomena yang terjadi di lapangan terutama aspek kesehatan. Diharapkan juga mahasiswa selalu kritis terhadap dinamika sosial sehingga dapat merumuskan dan punya cara terbaik dalam mengatasinya.

Sementara itu mewakili mahasiswa PBL FKM USU Ruslan Zulhair Pulungan dalam kesan dan pesannya mengemukakan dihari penghujung PBL ini mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dan jajarannya yang telah memberikan tempat dan kesempatan bagi para mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan. Banyak ilmu yang didapat dari kegiatan ini sehingga kedepannya jika kami ingin mengembangkan di daerah ini, Kabupaten Sergai mau menerima kembali. 

Hadir dalam pelepasan tersebut Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno, MM, Wakil Dekan USU Prof. Drs. Heru Santoso, MS, Ph.D, Camat Pantai Cermin Gunawan JW. Hasibuan S.STP, Camat Pegajahan Drs. Zulfikar, Camat Tanjung Beringin Sudarno, S,Sos, Wakil Dekan dan  para Dosen Pembimbing.(putra)

Posting Komentar

Top