0
TEBING TINGGI | GLOBAL SUMUT-Puluhan pemuda yang tergabung dalam Pemuda Peduli Kesejahteraan Masyarakat Tebingtinggi (PPKMT) mengelar aksi damai di depan Kantor Sekretariat DPRD Jalan Sutomo Tebingtinggi, Senin (14/11) sekira pukul 11:00 Wib. Tujuan mereka adalah meminta agar lembaga legislatif kota itu secepatnya menggelar sidang paripurna pengesahan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun anggaran 2016.
Aksi damai tersebut yang digelar dibawah rintik hujan berlangsung aman dan tertib, puluhan pengunjuk rasa mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Polres Tebingtinggi dan Satpol PP. Dalam aksi tersebut, mereka menuntut tiga hal yakni, meminta dengan segera agar DPRD mengelar rapat Paripurna P-APBD tahun 2016, serta membahas rancangan APBD TA 2017 dan meminta pihak legislatif lebih peduli dan peka terhadap permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat Kota Tebingtinggi.

Kordinator unjuk rasa, Lukman Nur Hakim bersama Ardiansyah dalam orasinya meminta pihak ekskutif (Pemko Tebingtinggi) dan legislatif (DPRD) agar segera membahas rancangan APBD Kota Tebingtinggi tahun 2017. “Kami ingin bapak anggota dewan yang terhormat segera melakukan pembahasan P-APBD tahun 2016 dan APBD tahun 2017 dengan secepatnya, karena kalau tidak akan berdampak semakin sengsaranya perekonomian masyarakat Kota Tebingtinggi.” tegas Hakim.

Menurut Hakim, pihak DPRD seharusnya lebih peduli dan peka terhadap permasalahan-permasalahan sosial masyarakat Kota Tebingtinggi diantaranya masalah kemiskinan, pengangguran dan lapangan usaha yang semakin sulit didapat. “Dengan disahkannya persoalan anggaran di kota ini diharapkan roda perekonomian kembali berjalan normal, kalau sebelumnya kita belum punya Pj Walikota mungkin itu yang dijadikan alasan belum disahkannya P.APBD 2016 dan pembahasan APBD 2017, kini setelah ada Pj Walikota kami minta jangan ditunda-tunda lagi.” cetusnya.

Usai berorasi di depan Kantor Sekretariat DPRD Kota Tebingtinggi, akhirnya empat orang perwakilan Pemuda Peduli Kesejahteraan Masyarakat Tebingtinggi (PPKMT) diterima Wakil Ketua I DPRD Muhammad Hazly Azhari Hasibuan dan Wakil Ketua II H  Chairil Mukmin Tambunan diruang kerja pimpinan DPRD Kota Tebingtinggi.

Muhammad Hazly Azhari Hasibuan menjelaskan, bahwa saat ini proses pengesahan P.APBD 2016 dan pembahasan rancangan APBD Tahun 2017sedang dilakukan. “Pengesahan P.APBD TA 2016 bukan diperlama, tapi sedang berjalan, sebab Pj Walikota baru dua minggu ini bertugas. Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LPPD) sudah disampaikan ke DPRD untuk disahkan, InsyaAllah dua minggu lagi atau paling lambat akhir November ini P.APBD TA 2016 sudah bisa disahkan.” jelasnya.

Menurut politisi Partai Gerindra ini, tidak ada niat kami dari pihak legislatif untuk melambat-lambatkan pengesahan P.APBD TA 2016 maupun pembahasan rancangan APBD TA 2017 karena semua komisi-komisi di DPRD Tebingtinggi sedang bekerja. “Komisi-komisi di DPRD sedang bekerja, ibaratnya kita mau lari dengan kecepatan 100km/jam tapi sedang diproses, memang ini harus (disahkan) karena untuk kepentingan bersama, apalagi dalam P.APBD 2016 banyak anggaran yang untuk kesejahteraan masyarakat luas.” paparnya.

Senada dengan Hazly Azhari, Chairil Mukimin Tambunan menambahkan, untuk mengesahkan anggaran daerah cukup banyak proses yang dilakukan dan melibatkan banyak pihak. “Kita harus mengakomodir semua, mulai dari Pemko ke DPRD dan diserahkan ke Pemprovsu (untuk eksaminasi) dan balik lagi ke daerah, makanya prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi yang pasti, secepatnya akan kita bahas dan disahkan.” terang politisi Partai Demokrat ini.

Usai memperoleh penjelasan dari dua pimpinan DPRD Kota Tebingtinggi, puluhan massa pemuda peduli kesejahteraan masyarakat Tebingtinggi segera membubarkan diri dengan tertib. (Ardiansyah)


Keterangan Gambar :
AKSI DAMAI: Puluhan Pemuda Peduli Kesejahteraan Masyarakat Tebingtinggi (PPKMT) mengelar aksi damai di depan Kantor Sekretariat DPRD Tebingtinggi. Mereka meminta pihak legislatif segera menggelar sidang paripurna pengesahan P-APBD TA 2016 dan membahas rancangan APBD TA 2017. Senin (14/11).

Posting Komentar

Top