0
Wabup Darma Wijaya : Melalui Akreditasi Kita Wujudkan Kelembagaan PAUD Yang Berkualitas 
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis karena merupakan masa emas untuk peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) berkomitmen dengan upaya pembangunan dan pengasuhan bagi anak usia dini yang disinergikan dalam program pendidikan agar tercipta generasi yang berkualirtas, sehat jasmani, cerdas, beriman dan berkepribadian mandiri

 Hal ini dikemukakan Wabup Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka secara resmi Pelatihan Akreditasi PAUD di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (15/11). Turut hadir Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman yang juga selaku Bunda PAUD, Ketua DWP Ny. drg. Hj. Khairani Hadi Winarno, Kabag Humas Benny Saragih, para narasumber dari  Forum Asesor BAN PAUD Provsu Drs. Khairuddin Samosir, MPd, H. Nazaruddin Pohan, Dra. Ayumi Husni, MPd dan Mainariyah, MPd serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai, Bunda PAUD Kecamatan se-Sergai, jajaran Forum PAUD Kabupaten, KUPT Dinas Pendidikan Sei Rampah dan peserta pelatihan.

Lebih lanjut disampaikan Wabup Sergai bahwa berbagai masalah yang masih dihadapi dalam pemenuhan hak anak dalam pendidikan antara lain sebagian desa masih kurang memahami pentingnya PAUD, juga minimnya sarana dan prasarana serta jauhnya lokasi belajar yang sudah ada dan ketidakmampuan orang tua atau keluarga mengakses layanan pendidikan akibat kondisi sosial ekonomi yang tidak mendukung.

Untuk itu peran Ketua Forum PAUD Kecamatan sangat penting dalam mendukung program ini dan kepada para Camat selaku dewan pembina terus mengupayakan agar PAUD menjadi perhatian yang sangat penting mengingat masih ada beberapa desa yang belum terpenuhi hak-haknya. Dengan digelarnya Pelatihan Akreditasi PAUD ini akan mewujudkan kelembagaan PAUD yang berkualitas, ujar Wabup Darma Wijaya. 

Pada kesempatan yang sama Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman yang juga selaku Bunda PAUD juga mengatakan bahwa PAUD ini merupakan periode kritis dalam menentukan kualitas hidup anak dimasa yang akan datang. Karena layanan pendidikan yang diberikan anak usia 0-6 tahun harus benar-benar menjadi perhatian kita bersama. Sebagaimana kita ketahui bahwa pelatihan akreditasi PAUD merupakan suatu upaya pengakuan terhadap lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang, kata Bunda PAUD Sergai.. 

Pelatihan ini sangat penting bagi pengelola/guru PAUD mengingat kualitas kelembagaan PAUD yang masih sangat perlu pembenahan dimana proses belajar mengajar di semua Kelompok Bermain semakin berkualitas mengacu pada aturan yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga PAUD tidak hanya tumbuh secara berkuantitas tapi juga berkualitas. Untuk itu Hj. Marliah menghimbau kepada para peserta pelatihan agar benar-benar mengikuti kegiatan ini sehingga dapat diimplementasikan pada PAUD masing-masing di daerahnya.

Sebelumnya panitia pelaksana Ketua DWP Ny. drg. Hj. Khairani Hadi Winarno melaporkan bahwa maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kualitas pengelola/guru PAUD dalam mengelola manajemen kelembagaan dengan pembekalan berupa pengetahuan tentang bagaimana penyusunan dan usulan akreditasi lembaga PAUD. Dan sampai saat ini tercatat ada 411 kelompok PAUD dan sejenisnya. Kegiatan yang berlangsung selama empat (4) hari sejak tanggal 15-18 Nopember 2016 diikuti 90 peserta yang merupakan pengelola dan guru dari 17 kecamatan.(Putra)







Posting Komentar

Top