0

BELAWAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 datangkan 4 unit alat bongkar muat peti kemas Rubber Tyred Gantry (RTG) di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) pada Minggu, 11 November 2018.

Brand New RTG Konecranes ini diangkut menggunakan kapal MV Biglift Biffin yang sandar di dermaga TPKDB pada Minggu (11/11) dini hari.

Kedatangan RTG ini akan memperkuat peningkatan layanan bongkar muat peti kemas di TPKDB. Volume bongkar muat peti kemas di TPKDB menunjukkan tren yang terus meningkat.
Hal ini ditunjukkan dari pertumbuhan volume bongkar muat peti kemas hingga bulan Oktober 2018 sebesar 355.274 box yang mengalami peningkatan sebesar 8,65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 sebesar 326.975 box.

Peningkatan tersebut setara dengan 426.629 TEUs, tumbuh 8,92% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017 sebesar 391.662 TEUs, terang General Manager TPKDB, Indra Pamulihan.
Indra Pamulihan juga menambahkan bahwa pengadaan 4 RTG baru ini merupakan bentuk komitmen manajemen untuk terus meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa di TPKDB. Saat ini berbagai fasilitas dan peralatan bongkar muat peti kemas yang berada di TPKDB, di antaranya: 4 unit Container Crane, 5 unit Mobile Harbour Crane (MHC), 9 unit Rubber Tyred Gantry (RTG), 18 unit Headtruck, 20 unit Terminal Tractor, 2 unit Reach Staker, 2 unit Side Loader, dan 1 unit Forklift.  “Saat ini, produktivitas bongkar muat peti kemas di TPKDB mengalami peningkatan.

Produktivitas bongkar muat peti kemas tahun 2017 sebesar 32 B/S/H (Box/Ship/Hour) meningkat 15% menjadi 37 B/S/H hingga bulan Oktober tahun 2018. Oleh karena itu, dengan kedatangan 4 unit RTG baru di TPKDB diharapkan dapat meningkatkan pelayanan untuk memperlancar kegiatan bongkar muat di TPKDB, tambah Indra Pamulihan.

Selain menambah 4 unit RTG baru, sebelumnya juga Pelindo 1 telah menyelesaikan serangkaian program penataan dan pengembangan secara menyeluruh Pelabuhan Belawan. Di antaranya adalah pembangunan Dedicated Terminal berupa terminal minyak sawit mentah (CPO) di Pelabuhan Belawan Multipurpose yang dapat ditingkatkan menjadi 1,8 juta ton, Shorebase Terminal dan Car Terminal dengan kapasitas 880 unit mobil, serta Terminal Curah Kering berkapasitas sebesar 1 juta ton, Terminal General Cargo, dan Dermaga Industri Kimia Dasar (IKD).

TPKDB ini merupakan salah satu unit layanan Pelindo 1 yang mengelola kegiatan bongkar muat peti kemas domestik antar pulau, yang juga merupakan program pendukung Tol Laut Pemerintah yang bertujuan menurunkan biaya logistik serta memperkuat konektivitas nasional.[abu]

Posting Komentar

Top