0
MEDAN | GLOBALSUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema North Sumatera Coastal Tourism yang berlangsung di Hotel JW Marriot Medan pada Senin,(17/12/ 2018).

Acara ini dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Wilayah Barat Kementerian Pariwisata Indonesia Lokot Ahmad Enda, Wakil Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati, Asisten Perekonomian Pembangunan & Kesejahteraan Setdaprov Sumut Ibnu S. Hutomo, dan Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Ihsanuddin Usman, serta beberapa perwakilan instansi terkait.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Pembangunan & Kesejahteraan Setdaprov Sumut Ibnu S. Hutomo menyampaikan bahwa potensi pariwisata di Sumatera Utara masih banyak yang perlu dikembangkan, khususnya untuk wisata bahari dan maritim.

Kami sangat mengapresiasi proyek kreatif Pelindo 1 yang menginisiasi kegiatan FGD ini untuk mengembangkan potensi wisata Sumatera Utara yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Harapannya dengan kegiatan ini menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan ide untuk mengembangkan serta menggali potensi wisata bahari di Sumatera Utara, jelas Ibnu S. Hutomo.

Sementara Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Ihsanuddin Usman menjelaskan bahwa Pelindo 1 telah banyak melakukan transformasi dalam berbagai bidang.

Pelindo 1 sudah banyak melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan di wilayah kerja kami.

Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut, Pelindo 1 sudah melakukan penataan Terminal Penumpang yang modern setara bandara di beberapa pelabuhan di wilayah Sumatera Utara, seperti: Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Terminal Teluk Nibung Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga. Selain itu, kami juga melakukan digitalisasi pelabuhan untuk mendukung proses bisnis.

Melalui peningkatan fasilitas kepelabuhanan, kami berharap memberikan kenyamanan sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara, terang Ihsanuddin Usman.

Kegiatan ini menjadi wadah untuk bertukar pikiran para stakeholders dan penggiat pariwisata untuk mengembangkan potensi wisata di Sumatera Utara, khususnya wisata bahari untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara.

Ihsanuddin Usman menambahkan bahwa Pelindo 1 mengembangkan desa wisata di Tomok Samosir yang berada di kawasan Danau Toba, di mana saat ini Danau Toba masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan pemerintah sejak tahun 2016. 

Harapannya dengan kegiatan ini, mampu memacu destinasi wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara untuk semakin dikunjungi para wisatawan. Sehingga untuk memajukan pariwisata Sumatera Utara, tentunya diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkannya, terang Ihsanuddin Usman.[abu]

Posting Komentar

Top