0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si bersama Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,MSi.,M.H menyerahkan Bansos Sembako kepada 1000 Kepala Keluarga Pra Sejahtera di Lapangan Benteng Medan, Kamis (14/02). Bansos Sembako yang merupakan usulan Pemko Medan kepada Kementerian Sosial RI ini diharapkan dapat meringankan dan membantu pangan keluarga pra sejahtera di Kota Medan.

Dalam penyerahan Bansos ini, Hadir Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, Anggota DPR RI Meutya Hafid, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kol Yuda Rismansyah, Kadis Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis dan sejumlah Tokoh masyarakat.

Dikatakan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Program Bansos berupa Sembako ini merupakan Program dari Kementerian Sosial RI atas usulan Pemerintah Daerah. Artinya penyerahan Bansos sembako ini merupakan usulan dari Pemko Medan yang telah disetujui Pemerintah Provinsi Sumut kepada Kementerian Sosial RI.

"Kementerian Sosial RI Selain menerima usulan dari Pemerintah Daerah juga terus mendata jumlah keluarga pra sejahtera yang ada di setiap daerah. Sehingga jika ada usulan dari Pemerintah Daerah, maka Kementerian Sosial akan merespon untuk menyerahkan Bansos melalui program yang ada. Artinya Program Bansos Sembako ini bertujuan untuk meringankan beban pangan keluarga pra sejahtera", kata Menteri Sosial RI.

Dijelaskan Agus Gumiwang Kartasasmita, Selain Program Bansos Sembako, Kementerian Sosial RI juga memiliki beberapa program untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia diantaranya Program PKH dan program bedah rumah layak huni serta Bansos Disabilitas.Tentunya ini merupakan program Pemerintah pusat untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia agar tingkat kemiskinan berkurang.

"Semua Program yang ada di Kementerian Sosial RI merupakan program untuk menyimpan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah untuk menjalankan program tersebut", jelas Menteri Sosial RI.

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi program Bansos Sembako dari Kementerian Sosial RI kepada masyarakat Medan yang pra sejahtera. Tentunya program ini sangat membantu kebutuhan pokok keluarga yang kurang mampu dan dapat meringankan beban mereka.xx

Dijelaskan Wali Kota, saat ini jumlah Penduduk miskin di Medan kurang lebih ada 129.613 KK atau sekitar 463 .000 jiwa.Kedepannya Pemko Medan akan melakukan pendataan jumlah warga kurang mampu dan akan mengusulkan kepada Kementerian Sosial RI agar masyarakat kurang mampu yang ada di kota Medan mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat.

"Pemko Medan sangat mengapresiasi program bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI ini, tentunya program ini dapat meringankan beban masyarakat pra sejahtera. Selain itu Pemko Medan juga telah memberikan program pelatihan kepada keluarga pra sejahtera, sehingga Mereka dapat lebih mandiri dengan memanfaatkan kemampuan yang didapat dari pelatihan. Dengan begitu perekonomian mereka juga akan meningkat", ungkap Wali Kota.[Mashuri Lubis]

Posting Komentar

Top