0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Desa Mangga Dua Kabupaten Serdang Bedagai mulai berbenah dan mengembangan usaha, hal ini terlihat dari geliat usahapara pelaku UMKM yang berkembang dan mulai meyasar keluar daerah dalam distribusi dan penjualannya. Minggu (15/9).

Hal ini tidak terlepas dari pendampingan   dan riset teknologi tepat guna (TTG)   yang dikembangkan Oleh Dosen Universitas Negeri Medan. 

Dosen Unimed kembali melaksanakankegiatan pengabdian masyarakat sebagai langkah untuk menjalankan Tri Dharma PerguruanTinggi. 

Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara menjadi lokasi terbanyak pelaksanaan pengabdian Dosen Unimed dalam pengembangan TTG .

Ketua Program Deo Demonta Panggabean yang didampingi Izwar Lubis, ST., M.T., dan Ali FikriHasibuan, SE., M.Si mengungkapkan, sasaran kegiatan pengabdian masyarakat dosen Unimed ini adalah Industri Rumah Tangga yang bergerak dibidang kuliner roti milik Bapak  Mardian.
Pemilihan industri rumahan ini dikarenakan usaha kuliner roti merupakan usaha yang cukupmenjanjikan sebagai panganan   yang mudah diterima dimasyarakat   mulai dari anak balita hingga orang dewasa. “Bapak mardian sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada programkemitraan   masyarakat ini, merasa usaha yang   dijalaninya belum cukup membantu   dalamperekonomian rumah tangganya dan masih terkendala dengan   Manajemen modren dan teknologi”,   papar Pimpinan BPPC Lembaga   Penjaminan Pengembangan  Mutu   Pendidikan(LP2MP) Unimed.

Selanjutnya Deo menambahkan Permasalahan yang paling mendasar adalah alat pemanggang atau oven yang digunakan untuk memproduksi aneka roti seperti bolu pisang, bolu browniesdan bolu pandan memiliki kapasitas yang minim yaitu 2 rak dan produk yang   dihasilkan dikemas tanpa menggunakan label kemasan standart serta belum adanya sertifikat halal produkroti sebagai salah satu syarat agar produk rotinya dapat masuk ke pasar modern. 

Oleh karena itu, kegiatan pengabdian yang dilakukan difokuskan pada pelatihan manajemen usaha keuangan dan pemasaran, serta pendampingan pembuatan oven besar berbahan bakargas, pendampingan pembuatan   label   kemasan.“ tidak hanya   manajemen, keuangan  dan packaging yang menjadi prioritas juga  yaitu pendampingan halalisasi produk. Karena yang paling urgen pada usaha kuliner adalah permasalahan sertifikasi halal produk, sehingga usahaini semakin berkembang dan dapat mudah diterima masyarakat karena terjamin kehalalannya, hal ini akan berimbas pada perekonomian mitra juga meningkat”, Imbuh Dosen Muda Fisika tersebut.

Sementara itu, Mustakim selaku Kepala Desa Mangga Dua mengaku dukungan dari perguruantinggi kepada masyarakat   kelompok usaha mikro menambah   wawasan dan pengetahuan,bantuan teknologi tepat guna, serta pengelolaan usaha sangat diharapkan. “ Sumbangan alatteknologi tepat guna oven berkapasitas 14 rak masing-masing rak berukuran 50 cm x 100 cm.

Oven, Packaging,pelatihan manajemen usaha dan pendampingan halalisasi produk dari LPPOM MUI Sumut.

Hal ini merupakan kegiatan yang sangat mendukung perkembangan UMKM yang ada di Desamangga Dua, karena sebagian besar usaha masyarakat di desa Kesulitan untuk mendapatkanhalal   dan teknologi selain prosesnya sulit   juga harga TTG dengan kapasitas besar dan berbahan Stainless Steel cukup mahal di pasaran”, ungkap Kades yang penuh Inovasi tersebut.

Selain  itu ia berharap, pendampingan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan oleh paradosen Unimed yang sudah berjalan selama 4 tahun di desanya dapat terus berlanjut. “ Dalamwaktu priode kepemimpinan   saya, Unimed telah banyak melakukan perubahan dari segi ekonomi masyarakat serta pendampingan pengetahuan yang memebrikan pencerahan bagimasyarakat desa mangga Dua Kecamatan Beringin Kabupaten Serdang Bedagai”, tutup Mustaqim Pada kegiatan pendampingan UMKM yang dilaksanakan di Aula Desa Mangga dua pada Minggu (15/09/2019) tersebut ditandai dengan penyerahan Oven Serbaguna dengan kapasitasBesar serta Sertifikat dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Turut hadir pada kegiatan tersebut   Ketua Program Kegiatan Pengabdian   Masyarakat Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Kepala Desa Mangga Dua Serdang Bedagai Mustaqim, DirekturExecutif Pusat Pendampingan Rakyat (Puspera)   Irfandi, M.Si, Pendamping Masyarakat dariTanato Foundation Halim   Simatupang, M.Pd, Remaja Mesjid dan   Pelaku Usaha UMKM diKabupaten Sergai.(red)

Posting Komentar

Top