0

MEDAN | GLOBAL SUMUT-Lahir dari keluarga sederhana pasangan Almarhum H Adam Lubis dan Almarhumah Hj. Kartini Batu Bara di Medan, Provinsi Sumatera Utara. pada tanggal 7 Juli 1964.

Perjalanan hidup menempa jiwanya, dulu kehidupannya sangatlah sederhana,  keseharian waktu dihabiskan untuk membantu sang Ibu tercintanya (Alm) berdagang sayur dirumah dan ber jualan bubur di pasar pagi tepatnya di Pasar Mandala Medan,

meski keadaan  sulit beliau terus giat belajar, sebab ada cita cita yang kuat untuk menjadi seorang Polisi.

Sejak umur 4 tahun ikhwan lubis sudah menjadi anak yatim bersama 2 orang adik perempuan yang masih kecil-kecil Aminah Lubis (2) dan Yusnidar Lubis masih berusia 6 bulan.

Namun berkat usaha pantang menyerah Sekarang ini adik keduanya menjadi guru Dra Aminah Lubis menjadi Guru MAN 1 Medan dan Drs Yusnidar Lubis Guru Agama di MIN Medan keduanya PNS di kantor Depertemen Agama Sumut.

Usai tamat sekolah ia mendaftarkan diri menjadi Polisi pada tahun 1983 dan lulus tahun 1984 di Secaba Milsuk Polri menjalankan tugas pertamanya di Polrestabes Medan. 

Seiring waktu berjalan kini ikhwan telah menjadi Perwira Menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjabat sebagai Kapolres Batubara,

IkhwanLubis dikenal sebagai Polisi berjiwa sosial tinggi, itu tak terlepas dari dukungan istri tercinta DR Hj Henny Harahap S.Pd, MPd. 

AKBP Ikhwan menikah dengan istrinya pada tahun 1990, pertemuan AKBP Ikhwan dengan Henny Harahap saat di rumah orangtuanya, yang kebetulan teman kuliah adiknya di Unimed. disitu mereka saling kenal dan menikah. 

Dari pernikahan itu ikhwan lubis dikaruniai 3 orang anak yang sukses yaitu 1 iptu Deni Indrawan Lubis Sik, MM, 2 Ahmad Ibnu Hendrawan Lubis SSTP. MAP, 3 Anisah Sari Lubis Praja IPDN Bandung.

Perjalan karie Ikhwan Lubis di kepolisian cukup panjang, sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan, 

Ikhwan sangat dibanggakan  masyarakat Belawan. khususnya tukang becak, anak yatim/piatu dan para lansia (Lanjut Usia).

Mantan Kasubdit Ditreskrimsus Polda Sumut ini, kini mendapatkan Kepercayaan dari Kapolda Sumut  menjabat sebagai Kapolres Batubara. Kehadiran sosok polisi berjiwa sosial ini membuat Masyarakat Batubara merasakan kebahagiaan dan bersyukur atas kehadirannya 

AKBP Ikhwan selalu berpesan kepada anak anaknya untuk jangan pernah meninggalkan sholat 5 waktu, dan perbanyak bersedekah ke kaum duafa dan anak - anak yatim, insyaallah dengan rajin sedekah hidup akan selalu bahagia. 

Perwira tinggi dengan pangkat AKBP (Bunga Melati Dua) dipundaknya, di memanfaatkan untuk lebih banyak menabur benih kebaikan serta kepedulian 

" Amanah ini akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya sesuai tupoksi sebagai pejabat polri, disisi lain jabatan ini juga memotivasinya untuk lebih giat menolong sesama yang butuh uluran tangan, apalagi yang saya mau cari? Semua sudah ada dan Alhamdulillah Anak anak penerus saya sudah Sukses 2 Putra,1 Putri dan Alhamdulillah juga Istri tercintanya DR Hj.Henny Harahap S Pd MPd juga sudah menjadi Dosen," ucapnya

Tambahnya dengan berbuat kebaikan, ada kepuasan bathin tersendiri bagi saya, selain sebagai amal jariyah hal itu juga saya dedikasikan sebagai bakti saya kepada Almarhum kedua orang tua saya Alhamdulillah Allah SWT tetap memberikan kesehatan dan keselamatan untuk saya dan keluarga,saya tidak sanggup mendengar dan melihat orang susah. "Itu mungkin karena saya pernah merasakan hal yang sama sejak kecil,

Ikhwan lubis juga sosok yang dikenal dekat dan akrab dengan semua awak media, ia terus mendapat dukungan yang penuh dengan Publikasi yang update setiap hari, hampir segala kegiatannya terpublikasi, sehingga kinerjanya dan jajarannya diikuti oleh publik, termasuk sukses membuat Daearah kawasan Batubara Aman dan kondusif,  Sinergisitas nya juga terhadap semua intansi sangatlah baik, Akrab seperti Keluarga.

Karena sosok jiwa nya seperti Ayah yang selalu memberikan Perhatian dan Peduli kepada siapa saja.

Sosok polisi sosial yang disematkan pada ikhwan lubis, terlihat dari karakter beliau "bila dengar dan lihat ada orang yang hidupnya susah, Hatinya langsung Teriris pedih dan sedih sehingga dengan langkahnya yang sigap, cepat tanpa mengenal lelah langsung mengunjungi warga yang menderita dan memberikan pertolongan sesuai kemampuannya.

Kenangan beliau yang tak terlupa adalah  program Rumah Singgah Sahabat Polisi untuk kepentingan umat dengan segala kegiatan yang Aktif disetiap hari Jumatnya , mengumpulkan para kaum dhuafa, anak anak yatim, komunitas abang becak yang diikuti dan didukung oleh Anggota anggotanya para Pejabat Utama, tentunya hal ini mendapatkan Respon Positif dari semua kalangan dan Doa - doa dari semua umat.

Selanjutnya dengan didorongnya motivasi tersebut sehingga para awak media yang bertugas dikumpulkan duduk bersama dan sepakat membuat sebuah Grup yang bernamakan Komunitas Sedekah Jumat yang disebut KSJ di Ketuai Saharuddin dan beliau AKBP H.Ikhwan Lubis SH.MH yang dianggap Ayah menjadi Dewan Pembina di KSJ.

Ternyata Binaannya KSJ tersebut tidaklah sia sia belaka dan tidak akan punah dimakan jaman. Dobrakan demi dobrakan KSJ yang terus didukung dari berbagai kalangan membuat KSJ semakin melesat jauh sebahgaian masyarkat tetap mendapatkan uluran tangan yang selama ini mereka jarang disentuh oleh Pemerintah setempat

Gerakan KSJ kini telah merambah hingga 7 Kabupaten Kota di Sumut dan tahun 2021 ditargetkan akan merambah Jakarta serta sejumlah provinsi lainnya.

hal yang mengharukan tampak saat jabatannya sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan usai, banyak masyarakat sedih karena dan kehilangan sosoknya,  akan tetapi KSJ yang dibinanya terus aktif bergerak dengan memberikan bantuan bantuan kepada warga yang tidak mampu, apalagi KSJ kini sudah dibentuk di setiap Kecamatan di Kota Medan seolah menjadi pengobat rindu warga dengan kepwduliannya

KSJ terus bertumbuh, termasuk batubara respon positif dari semua kalangan di Kabupaten Batubara dengan dukungan penuh dan langsung di Apresiasi Bupati Batubara, Ir.Zahir M.AP yang juga dinobatkan sebagai Pembina KSJ disana.

KSJ binaan ikhwan lubis resmi didaftarkan sebagai Lembaga Kesejahteraan Soaial di Kementrian Sosial

Dan semoga  KSJ mendapatkan Apresiasi dari Pemerintah Pusat Republik Indonesia agar semua dapat terealisasi.(Abu Hasan)

Posting Komentar

Top