0
BATU BARA | GLOBAL SUMUT-Sempat Viral di Media Sosial (Medsos) Facebook tentang  Kampung Donor darah (Dordar) berada di Kota Lima Puluh Kabupaten batu bara . Akhirnya rasa  penasaran Kapolres Batu bara terjawab saat mengunjungi Kampung Dordar pada hari Senin (29/6/2020) siang.

Kampung Dordar sebutan warga yang berada di sepanjang pertokohan jalan Lintas Sumatera tepatnya di Kota simpang Lima Puluh Kota Kabupaten Batu bara.

Sejarah Kampung Dordar di jelaskan sesepuh daerah tersebut yakni ibu Murni  menuturkan penduduk yang berada di kampung ini adalah warga yang tidak memiliki tempat tinggal tetap kebanyakan warga yang ada di kampung Dordar adalah penyewa Rumah yang di belakang Rumah Toko (Ruko) di jalan simpang Lima puluh kab. Batu bara.

" Kurang lebih 25 kepala keluarga bermukim di rumah sewa tersebut. Pekerjaan mereka juga hanya penjajan sayuran di pekan yang berada di kota lima puluh itu, kata Ibu Murni.

Keadaan warga Dordar, kebanyakan hidup mereka kurang beruntung, dikarenakan penghasilan mereka serabutan ada yang menjadi pemulung dan tukang parkir di kota lima puluh ini,Namun yang berkesan Bagi penghuni kampung Dordar ini adalah setiap 3 Bulan sekali mereka berbondong bondong mendonorkan darahnya ke suatu tempat yang terdahulu bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Lima puluh ini. Ada yang mendonorkan darah karena ingin mendapatkan uang untuk modal berdagang ada pula untuk kesehatan, jelas Ibu Murni.

Ini di lakukan mereka hanya semata mata untuk tetap bertahan hidup . Bantuan pemerintah jarang sekali mereka dapatkan di karenakan para warga tidak memiliki dokumen ke warga negaraannya alias status tak jelas , sehingga tidak terdata dalam Bantuan bantuan miskin dari pemerintah Kabupaten ini.

" Saat ini sudah hampir 20 tahun kampung Dordar Ini ada namun Tiada alias tidak terpantau pemerintah, kata Ibu Murni.  Melihat Viralnya kampung Dor Dar Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH yang didampingi Kabag OPS . Kompol Rudy Candra SH. Kasat Lantas AKP. Eridal fitrah SH, Kasat Binmas AKP M.Safi'i, SH, Kanit Sat Narkoba, Ipda Santos Pijay SH Beserta jajaran Polres Batu bara, Segera mengunjungi Kampung Dor dar tersebut.

Pada kesempatan itu,  Kapolres Batu bara  mengatakan, Saya dan jajaran Kepolisian Polres Batu bara akan selalu mengunjungi setiap bulannya untuk Kampung Dordar ini. Apalagi saya lihat kampung ini tidak jauh keberadaanya dari Mapolres Batu bara . Bila perlu saya datang ke kampung ini dengan berjalan kaki saja lebih berkah " Kata orang nomor satu di Polres Batu bara ini.

Untuk kampung Dordar saya minta lebih erat kan persaudaraan dan ke keluargaan, walau kampung ini kecil tapi beragam masyarakat yang ada di sini seperti Batak, Melayu, Jawa, China dan Padang, ada di kampung ini. Saya sangat bangga dengan warga di sini . Teruskan ke kompakan jaga keimanan dan jauhi Narkoba, tandas Kapolres.

Sementara Sesepuh dan warga kampung dordar sangat Gembira dan bahagia dengan kedatangan Kapolres Batu bara dan mengucapkan selamat hari ulang tahun Bhayangkara yang ke 74 . Sambil mendoakan kepolisian tetap Jaya.[Hasan]

Posting Komentar

Top