0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menyalurkan zakat kepada para ustadz, ustadzah, guru honor, bilal mayat, penjaga masjid, dan kaum dhuafa di Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia. Penyaluran zakat yang berlangsung di Lantai VI Plaza Millenium, Rabu (8/7) ini merupakan program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Medan bekerja sama dengan Baznas Sumut. Pada saat itu Akhyar menyampaikan apresiasi  atas penyaluran zakat untuk warga Medan ini.

"Ini bentuk kepedulian Baznas. Terima kasih telah mengurangi beban masyarakat Medan," ucapnya. Akhyar juga menyampaikan, Pemko Medan akan mengoptimalkan penghimpunan zakat di Medan melalui Baznas.

"Insya Allah penghimpunan zakat di Medan akan kita optimalisasi," sebut Akhyar. Ketua Baznas Medan, Azwar S, melaporkan jumlah penerima zakat di Kelurahan Dwikora ini sebanyak 100 orang.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Baznas Sumut. Masing-masing penerima zakat mendapat paket berupa beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak goreng 2 kilogram, masker, dan uang sebesar Rp150 ribu," rinci Azwar seraya mengatakan, penyaluran zakat ini juga akan dilakukan di kecamatan-kecamatan lain. Azwar berharap, penyaluran zakat ini diharapkan dapat membantu penerima dalam menghadapi Hari Raya Qurban di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kita juga berdoa agar Pak Akhyar dapat membawa kita melewati cobaan pandemi ini dengan baik," ujarnya. Sedangkan Ketua Baznas Sumut, Amansyah Nasution, menyampaikan Baznas Sumut memprioritaskan program untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 secara sosial ekonomi. Di samping itu, lanjutnya, dalam setiap penyaluran, pihak selalu memperhatikan dan mensosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sedangkan Ketua MUI Medan, Prof. Dr. H.M. Hatta mengatakan, zakat ini merupakan perintah agama. Semua orang yang memiliki kelebihan diwajibkan berzakat. Zakat ini membersihkan harta. 

"Karena harta kita belum tentu semuanya bersih. Zakat kita dapat menjadi pembersihnya," ujar Hatta.[Mashuri]

Posting Komentar

Top