0


BATU BARA  | GLOBAL SUMUT-Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH. Kunjungi Istana Lima Laras di  Desa lima laras Kabupaten Batu bara pada Rabu 9 September 2020.

Kunjungan Kapolres di sambut baik juru kunci Istana lima laras (Kuncen) Datuk Muhamad Azminsyah ( 78)  yang merupakan keturunan dari raja Ke 12 Kerajaan Niat Lima Laras Datuk M.Yuda Sri Diraja,  Kerajaan Melayu yang berasal dari daerah padang sumatara barat ini di dirikan pada masa kerajaan raja ke 11 yang pada masa kejayaan Istan Lima Laras di pimpin oleh Datuk M. Yuda Sri diraja  pada tahun 1907 yang awalnya kerajaan ini masih berbentuk sebuah rumah biasa.

Sri Diraja melahirkan putra mahkota yang bernama Datuk Roni bin M.Yuda sri Diraja, pada masa kejayaan diraja ke 11 ini  Banyak sekali para kerajaan lain ingin merebut aset-aset yang ada di wilayah pemerintahan Istana Niat Lima Laras, Hingga suatu ketika kerajaan ini mendapat serangan dari Kerajaan Boga yang ingin merebut Pelabuhan lima laras yang kita kenal sekarang  adalah pelabuhan Tanjung Tiram dan juga Pulau Padang.

Di masa raja  Sri Diraja yang tak pernah terkalakan akhirnya dapat menguasai seutuhnya darah Lima laras yang juga keseluruhan dari Kabupaten Batu bara yang sekarang menjadi kota pemekaran dari kabupaten kota di Sumatra Utara.

Datuk Azminsyah, adalah keturunan Ke3 dari Raja ke 12 Datuk Abdul Roni yang meninggal pada masa prang dunia ke2 pada masa penjajahan Belanda pada saat itu. Setelah meninggalnya raja Istana Lima laras yang ke 12 sampai sekarang tidak ada lagi penerus kerajaan ini. Hingga saat sekarang Istana ini pun terbengkalai.

Datuk Azminsyah yang menjadi juru kunci Istana Lima laras sempat sedikit menjelaskan "kalau dirinya dalam hal kedatangan Kapolres Batu bara Ke Istana Lima laras sangat menyambut gembira dan terharu atas kedatangan orang nomor satu di jajaran kepolisian Polres Batu bara ini. Sekaligus saya berterima kasih atas bantuan sembako dan tali asih kepada saya jelas Datuk Azminsyah.

Niat yang terpancar tulus tentang apa yang sudah di utarakan kepada saya akan saya bawa mesyawara kepada saudara-saudara saya yang juga keturunan dari Raja ke 12 istana lima laras nantinya, Ucapnya.

Sementara Kapolres Batu bara AKBP  Ikhwan Lubis Dalam kunjungan ke Istana Mengatakan " Kalau Niat saya ini di setujui oleh keluarga Istan Lima laras ini. Saya berencana akan mebugar Istana dengan apa yang saya punya bukan atas ke inginan orang lain. Namun nantinya akan saya niatkan Istana ini untuk seluruh masyarakat yang ada di seluruh wilayah yang pernah menjadi kejayaan istana lima laras dahulu.

Dengan cara Istana Ini akan di pungsikan untuk kegiatan Agama kegiatan sosial dan membangkitkan  kebudayaan yang pernah ada di Kabupaten Batu bara ini. Setiap hari istana ini akan ada kegiatan  pembelajaran tahfidz al-Qur'an dan setiap saat  akan di isi para putra putri melayu agar membudayakan budaya seni di istana ini. Bahkan setiap hari jum'at nya kita akan bersedekah kepada anak yatim piatu dan kaum duafa. 

Lebih Lanjut di Katakan Kapolres "Sementara untuk terlihat lebih baik rencana istana ini akan kita perbaiki sembari menunggu para donatur yang akan ikut bergabung. Saya berharap semua ini dapat terwujud demi meneruskan situs budaya daerah dan mengedukasi anak-anak muda para generasi penerus bangsa agar selalu mencintai budayanya. Juga selain ini bisa terus mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esah, dan otomatis terhindar dari Narkoba yang sanagat berbahaya bagi anak cucu kita.

Saya sedikit berpesan kepada semua, kita tidak perlu menjadi yang terbaik,  Namun bagai mana caranya kita harus selalu berbuat baik, harapan saya untuk semua,Imbuh Kapolres.[Hasan]

Posting Komentar

Top