0


MEDAN | GLOBAL SUMUT - Menanggapi permasalahan yang terjadi di Yayasan Raudhatul Amanah. ini Tanggapan Kasipenmad Kemenag Kota Medan, Yose Rizal, S.Ag, MM yang di sampaikannya kepada awak media ini, Jumat (04/3/2022) diruang kerjanya.

Dikatakan Yose Rizal Bahwa, yayasan pendidikan itu sejatinya didirikan untuk mencapai tujuan mendidikan generasi muda agar tidak tertinggal dan menjadi berpikir maju. Yayasan merupakan suatu badan hukum yang mempunyai tujuan pada bidang sosial yaitu keagamaan dan kemanusiaan.

Yayasan itu didirikan tidak dengan begitu saja, tentunya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Undang-Undang. Di Indonesia telah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai yayasan yaitu UU No 16 Tahun 2001 dan UU No 28 Tahun 2004. Selain mempunyai syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah yayasan, yayasan tentunya memiliki peran dan fungsi. Ujar Yose Rizal, S.Ag, MM.

Lanjutnya, Yayasan itu memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan, khususnya di madrasah-madrasah yang sebagian besar merupakan madrasah swasta. Dengan Peran dan fungsi yayasan ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam peningkatan mutu madrasah dan mengontrol kualitas pendidikan untuk mencapai standar layanan minimal di madrasah/ sekolah atau Standar Nasional Pendidikan (SNP). 

Selain itu juga untuk pembinaan, yayasan juga membantu dalam penyelesaian konflik yang terjadi baik antar individu maupun dengan antar unit/yayasan. Yayasan sudah memiliki mekanisme yang jelas dalam penyelesaian konflik. Ujarnya.

Adapun pengurus yayasan memiliki tugas dalam menyelenggarakan kepengurusan dalam yayasan tersebut. Dimana Syarat agar seseorang menjadi seorang pengurus yayasan haruslah mengerti dan bisa melakukan hukum. Pengurus yayasan diangkat oleh pembina yayasan dan menjabat selama 5 tahun. 

Seorang pengurus yayasan dapat kehilangan jabatannya jika melakukan tindakan yang dianggap pembina merugikan yayasan. Maka pembina dapat membuat pemberitahuan secara tertulis kepada instansi yang terkait untuk memberhentikan seorang pengurus tersebut.

Diharapkan kepada pihak-pihak yang tidak berkompeten untuk menahan diri sehingga permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat dan menghasilkan keputusan yang terbaik dalam penyelesaian masalah.  

Saya berharap juga agar kepala madrasah serta seluruh guru dan karyawan di Yayasan Raudhatul Amanah untuk menunjukkan soliditasnya. Hal itu penting agar madrasah bisa menjalankan peran dan fungsinya dengan optimal.  
"Sebuah lembaga tidak akan berkembang kalau komponen di dalamnya tidak solid. Antara atasan dan bawahan harus sinergis,"  Soliditas itu juga penting agar madrasah bisa maju dan mampu bersaing di era globalisasi saat ini.

Lanjut Yose Rizal, Selain itu, juga pentingnya keikhlasan dari seluruh warga madrasah itu dalam menjalankan peran masing-masing.  "Bekerja dengan ikhlas adalah kunci utama dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Dengan keikhlasan itu, mendidik dan mengajar akan terasa nyaman dan ringan, dan hasilnyapun tentu akan membanggakan.

Guru jangan lalai dalam mendidik siswanya (anak bangsa), jikan lalai maka akan rusaklah masa depan bangsa, karena Bapak/Ibu guru jugalah yang menentukan nasib bangsa ke depan.  Kita berharap untuk selalu memohon kepada Allah SWT agar kita semua diberikan keteguhan hati dalam menjalani kehidupan. "Sehingga akan timbul rasa syukur akan apa yang kita miliki, dan pekerjaan apa yang kita geluti. Tutup Yose Rizal, S.Ag, MM.(ind)

Posting Komentar

Top