0
SECANGGANG  | GLOBAL SUMUT - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu,SH mengajak masyarakat petani yang terdiri atas petani tanaman pangan, peternak, pekebun, nelayan serta masyarakat pengrajin maupun keterampilan home industri yang mendapatkan bantuan untuk menggunakan dan merawat bantuan agar pemanfa’atannya dapat lebih lama dan maksimal.

“Keterbatasan anggaran harus dapat disiasati dengan memaksimalkan bantuan yang diterima agar dapat berkesinambungan,” ujar Ngogesa dihadapan ribuan masyarakat petani saat digelarnya kegiatan Pengukuhan Pengurus Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA)  Kecamatan se wilayah Langkat Hilir periode 2012 – 2017 serta penyerahan sejumlah bantuan yang berlangsung di Lapangan bola kaki Pasar XII Desa Suka Mulia Kecamatan Secanggang, Rabu (14/11).


Bupati yang hadir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hj. Nuraida Ngogesa, sejumlah unsur Muspida, Kadis Pertanian Provsu Ir. M. Roem dan sejumlah pejabat Pemkab.Langkat serta Ketua KTNA Kabupaten Langkat Kabid Yusdi , juga menyahuti aspirasi KTNA Kab.Langkat yang menyatakan sikap mendukung dan siap memenangkan dirinya untuk melanjutkan kepemimpinan di Langkat pada 2014-2019, “Semua saya serahkan ke masyarakat Langkat dan Takdir Allah SWT”, sebutnya dengan kerendahan hati. Dirinya hanya mengharapkan agar masyarakat tetap menjaga kebersamaan serta memperkuat silaturrahim untuk tetap terlaksananya pembangunan di Bumi Langkat sesuai cita-cita bersama. Kepada para petugas berprestasi yang mendapatkan penghargaan, Bupati memberi appresiasi dan meyampaikan terima kasih yang tulus terhadap  dedikasi dan kinerja yang telah diabdikan bagi kemajuan masyarakat petani.

Sebelumnya, setelah Bupati Ngogesa mengukuhkan kepengurusan KTNA di 8 Kecamatan se-Wilayah Langkat Hilir, salah seorang perwakilan membacakan kebulatan tekad dan pernyataan sikap mereka, mendukung kepemimpinan Ngogesa dan mengharapkannya berkenan mencalonkan diri kembali sebagai Bupati Langkat periode 2014-2019. “ Kami telah merasakan perhatian dan dukungan yang besar serta kepedulian Bapak Bupati Ngogesa terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat petani seluruhnya,” seru Tarmudji perwakilan KTNA sektor peternakan yang sempat tersedu dan terdiam sejenak karena rasa harunya atas kepedulian tinggi Bupati Langkat itu terhadap masyarakat kecil, “Mari kita dukung Pak Bupati” teriaknya berulang kali disambut yel yel mendukung dan kesiapan mereka memilih Ngogesa kembali pada Pilkada Langkat  mendatang.
  
Asisten Adm Ekbangsos Indra Salahuddin selaku penyelenggara dari Tim Ekonomi melaporkan bahwa kegiatan tersebut berlangsung di masing-masing wilayah yakni Langkat Hilir di Secanggang pada 14 Nopember 2012, Teluk Aru di Brandan Barat  21 Nopember 2012 dan Langkat hulu di Kuala pada 27 Nopember 2012. Bantuan yang diserahkan untuk wilayah Langkat Hilir baik dari APBN, APBD Propinsi maupun APBD Kabupaten antara lain berupa hand traktor 16 unit, power threser 4 unit, corn seller 1 unit, pompa air 5 unit, benih padi 3 kelompok, bibit unggul, buah-buahan 2.200 bibit, mendukung sarana pengembangan hayati 1 unit, mendukung sarana pengendali UPT untuk RPH 1 unit, juga 5000 batang pohon mahoni dan gaharu.

Selain itu bantuan berupa 10 ekor domba, 25 ekor itik dan 1 paket ternak sapi. Sementara pengembangan budi daya perkebunan 1 unit traktor roda 4 dan pengembangan usaha perikanan kepada 13 kelompok senilai Rp. 1,3 M, bantuan sarana produksi Safver 17 kelompok, bantuan sarana air bersih 6 kelompok dan juga penyerahan home industri pengrajin berupa 20 mesin border, 10 mesin jahit, 4 unit mesin pembuatan tahu / tempe dan 5 unit alat pembuatan rangginang. Juga penyerahan bantuan kepada 12 rumah ibadah dan 11 lembaga pendidikan keagamaan yang ada di Kecamatan Secanggang dengan nilai total keseluruhan mencapai Rp. 210 Juta.

Di acara tersebut, Bupati Ngogesa bersama Anggota DPR RI Dr. Anton Sihombing yang turut hadir juga melakukan dialoq dalam sesi mimbar sarasehan KTNA yang merupakan forum rembug dan mendengarkan harapan saran masukan, maupun pertanyaan dari kelompok tani yang tergabung dalam wadah KTNA, serta menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan, dan meminta instansi terkait untuk mencatat hal-hal yang dibutuhkan petani di tahun depan. Kegiatan berlangsung semarak yang juga diisi dengan Lomba Menu Beragam Bergizi dan Seimbang yang dibuka oleh Ibu Ny. Nuraida Ngogesa selaku Ketua TP-PKK Langkat serta pelayanan KB gratis.

Diakhir acara secara pribadi Bupati yang dikenal dengan visi religiusnya itu memberikan tali asih berupa minyak makan sebanyak 2,5 ton kepada masyarakat Desa Suka Mulya Kecamatan Secanggang dan seluruh yang berhadir dalam acara tersebut untuk dibagikan masing-masing menerima 2 liter, Hadir juga Anggota DPRD Syahrul, S.Sos, Sekdakab Langkat Drs. H.Surya Djahisa, M.Si, Direktur pengawasan Sumber daya perikanan Dr. Alina Tampubolon, Camat se-Kab. Langkat, tokoh agama, pemuda dan masyarakat setempat.(Agung /Langkat)


Posting Komentar

Top