0
STABAT | GLOBAL SUMUT -Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH berharap agar pelaksnaan Sensus Pertanian tahun 2013 dapat menghsilkan data yang valid sehingga Pemerintah dapat merumuskan  kebijakan sektor Pertanian secara tepat sasaran demi terwujudnya kesejahteraan petani yang lebih baik. Harapan ini disampaikan Bupati saat membuka dengan resmi Sosialisai Sensus Pertanian tahun 2013 di ruang Pola Kantor Bupati Selasa ( 9/4)

Lebih lanjut H. Ngogesa Sitepu mengatakan bahwa secara teknis penyelenggara Sensus Pertanian menjadi tanggung jawab BPS, namun keberhasilannya sangat ditentukan oleh partisifasi aktif kita semua baik Pemerintah maupun masyarakat.

Untuk menjadi perhatian sekaligus harapan saya kepada para Camat, berikan informasi dan penjelasan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif saat pelaksanaan Sensus belangsung utamanaya kepada masyarakat petani dan kelompok tani. Bagi para petugas sensus bersama Camat untuk intens saling berkoordinasi guna menhindari terjadinya miss komunikasi maupun penyelesaian kendala dilapangan yang mungkin ditemui.

Maksimalkan kegiatan sosialisasi ini sebagai bekal saudara meneruskan pengetahuan, wawasan dan informasi yang didapat terkait sensus pertanian tahun 2013 kepada kepala Desa/Lurah sehingga sinergi kebutuhan data dapat terpenuhi secara valid.

Wakil Ketua DPRD Langkat  Drs H. Abdul Khair, MM  pada waktu yang sama menyampaikan bahwa kegiatan sensus Pertanian tahun 2013 merupakan program pemerintah sebagai bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya disektor pertanian.

Terkait dengan kegiatan sensus pertanian 2013  kami sebagai perwakilan masyarakat Kabupaten langkat mempunyai harapan besar terhadap hasil Sensus pertanian 2013 ini untuk masa depan Petani yang lebih baik.

Sebelumnya Kepala BPS Kab. Langkat Ir. Sawaluddin Naibaho, MSi melaporkan  bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan Sosialisasi Sensus Pertanian 2013 ini  untuk memberikan informasi kepada stakeholder tentang pelaksanaan  dan manfaat Sensus Pertanian 2013, menggugah seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus Pertanian 2013 dan bersedia memberikan jawaban yang benar kepada petugas sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, meminta dukungan kepada tokoh masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan untuk kelancaran pelaksanaan Sensus Pertanian 2013, pencacahan sensus pertanian 2013 akan dilaksanakan sebulan penuh mulai dari tanggal 1 s/d 31 Mei 2013.

Peserta sosialisasi sensus pertanian 2013 berjumlah 1.208 orang terdiri dari 277 dari Desa/Kelurahan, 906 Pencacah Lapangan (PCL) dan 32 orang Koordinator Tim. Sebagai nara sumber Kabid Statistik BPS Propinsi Sumatera Utara  Dwi Prawoto, SE dengan judul Sensus Pertanian 2013, dan Kadis Pertanian Kab.Langkat H.Basrah Daulay, SP dengan judul Pembangunan Pertanian di kabupaten langkat.
(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top