0
SELESAI | GLOBAL SUMUT - Bupati Langkat didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Nuraida Ngogesa hadiri hari jadi ke-X Desa Padang Cermin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Rabu (29/5). Diharapkan H. Ngogesa melalui peringatan itu dapat tumbuh kebersamaan dan gotong royong sebagai ciri melekat.
  
Bupati Langkat itu mengilustrasikan, manusia usia sepuluh tahun bagaikan anak yang aktifitasnya sedang tinggi menunjukkan kemampuan dan jati diri serta keinginan kuat untuk mandiri. Karenanya, keluarga besar masyarakat Padang Cermin terus memperlihatkan kemampuan dan kemandirian agar dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan desa lainnya.
“Secara umum dinilai kemandirian dan beraktifitas seluruh kelembagaan desa dalam kategori baik, buktinya tahun 2012 terpilih sebagai desa percontohan mewakili Langkat ke tingkat propinsi. Tetapi tidak perlu berpuas diri karena masih banyak tugas lain agar desa memiliki nilai lebih, makanya terapkan kebersamaan dan gotong royong sebagai ciri melekat,” kata Bupati H. Ngogesa.
Masih tentang hari jadi, tutur Ngogesa, hakekatnya upaya yang lahir dari kesadaran diri untuk tidak melupakan jasa para pendahulu sebagai pemrakarsa pemekaran desa juga keberanian mengevaluasi kinerja jajaran pemerintahan desa. Untuk itu diingatkan, untuk terus berbenah dan mengedepankan mufakat mencari solusi guna mengetahui hambatan dan tantangan sekaligus menemukan ide untuk cepat bergerak.
“Masyarakat modal utama terwujudnya desa mandiri, upaya sehebat dan rencana sebagus apapun jika tidak dapat dukungan dari masyarakat maka jangan pernah berharap banyak,” tegas dia.
Selain itu disampaikan Ngogesa, penyelenggaraan pemerintahan desa untuk tetap bersinergi dengan masyarakat bahu membahu dalam satu visi, kedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah. Sebab, lebih banyak mendengar maka lebih peka daripada banyak kata tanpa karya.
Tokoh masyarakat Selamat Sembiring akui, kepedulian Ngogesa tidak hanya saat menjabat Bupati Langkat namun jauh sebelumnya. Saat desa Padang Cermin pertama mekar tahun 2004, sosok Ngogesa banyak membantu membenahi sekaligus membangun kantor desa. “Hal ini menjadi ikatan batin yang kuat antara Pak Ngogesa dengan masyarakat disini, karena itu berlanjutnya kepemimpinan untuk periode kedua nanti akan menjadi hadiah utama bagi kami” tutur Selamat.
Masih dalam kesempatan sama, Camat Selesai Ikhsan Afrija didampingi Kepala Desa (Kades) Padang Cermin Zuhuriah Wista menyebutkan, warga sangat merasakan manfaat pembangunan baik sumbernya APBD, PNPM bahkan dana pribadi dikucurkan Ngogesa. Dengan demikian, pantas warga secara bersama mewujudkan Padang Cermin menjadi lebih baik dengan kesampingkan kepentingan pribadi dan golongan.
Terjadi hal yang tidak disangka saat Bupati mengakhiri sambutannya, tiba-tiba dia memanggil, “Siapa yang membawakan do’a pada awal pembukaan acara kita ini tadi ?” tanya nya, datanglah kedepan seseorang dengan langkah perlahan kebingunan mengira telah berbuat kehilafan kemudian diketahui bernama Abdul Sa’ad (41 thn) yang kesehariannya sebagai seorang guru mengaji, tanpa diduga H, Ngogesa mengatakan akan memberangkatkan Haji sang guru mengaji tersebut dan langsung membuatnya bersyukur sambil memeluk orang nomor satu di Kabupaten Langkat itu disertai applause meriah ribuan masyarakat yang memadati lokasi acara.(Awaluddin / Langkat)

Posting Komentar

Top