0
LABURA | GLOBAL SUMUT-H Kharuddin Syah Sitorus SE (bupati) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara( Pemkab Labura) resmi membuka lomba karya tulis yang di ikuti 33 orang peserta yang terdiri dari wartawan media cetak harian dan media online  ,Senin(15/7) di Aula Pemkab Labura.
Dalam acara pembukaan  lomba karya tulis  itu, untuk menyambut hari jadi Pemkab Labura yang Ke 5 tahun dengan thema “ Hari jadi Pemkab Labura yang ke 5 ,kita tingkatkan profesionalisme transparansi jurnalis dalam pembangunan.

Perlombaan karya tulis itu  emkab Labura sengaja mendatangkan dewan juri dari Provinsi Sumatera Utara Ketua PWI Sumut Muhammad Syahril, Dra.Denny Simamora,MSi kabid Diskominfo Sumut, Drs.Muhammad Arifin Hasibuan MPd staf ahli bupati Labura, Habibuddin Siregar asisten I Pemkab Labura.
Habibuddin Siregar Asisten I Setdakab Labura mengatakan dalam laporannya sebagai panitia pelaksanaan perlombaan karya tulis bagi jurnalis mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya perlombaan karya tulis ini untuk meningkatkan produk pemberitaan insane pers yang bertugas di wilayah kerja emkab Labura.Agar saling bergandengan tangan dan selalu berkordinasi untuk melakukan peliputan yang actual dan fakta yang religius.

Dalam sambutannya H Kharuddin Syah Sitorus SE(bupati) mengatakanPemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Utara besar ,karena  berkat informasi dan pemberitaan media cetak,media online,dan media elektronik. Pemkab Labura tidak akan alergi pada media cetak dan media online serta media elektronik  yang selalu mengkritik dengan produk pemberitaan yang tajam.Berkat hasil pemberitaan yang mengkritik itu kami jadikan sebagai peningkatan etos kerja dalam memajukan pembangunan di Pemkab Labura.
Sebagai masukan pada rekan –rekan insan pers yang berada di wilayah kerja Pemkab Labura, mengajak insane pers untuk “ Perang” dengan pemberantasan peredaran Narkoba, Korupsi, dan melaksanakan jumat bersih terhadap lingkungan,Terangnya H Kharuddin Syah .

Dan bagi para peserta lomba karya tulis yang menang menjadi juara I Umum mendapat uang pembinaan sebesar Rp.4.500.000 ditambah satu buah laptot,juara II mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.3.500.000 ditambah tropi, dan juara III mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.3.000.000, ditambah dengan tropi. Dan Juara aharapan I mendapat uang pembinaan sebesar Rp.3.000.000, ditambah tropi,juara harapan II mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.2.500.000 ditambah tropi dan juara harapan III mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.2.000.000, ditambah tropi.Dan hasil perlombaan akan diumumkan tepat dalam pelaksanaan perayaan hari jadi pemkab Labura pada tanggal 23/7 mendatang.

Pemkab Labura Maju Pesat Dalam  Pembangunan Dan Pendidikan
Oleh :Andika Sirait ( Peserta Lomba Karya Tulis)
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara maju pesat dalam pembangunan sarana dan prasarana insfrastruk jalan dan dunia pendidikan.Semenjak Pemkab Labura dimekarkan pada tanggal 21 juli tahun 2009 yang lalu dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbau menjadi Kabupaten Labuhanbtu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pemerintah Kabupaten Labuhanbtu Utara( Labura) yang mempunyai motto “ Basimpul Kuat Babontuk Elok” memiliki luas wilayah 8 Kecamatan yakni Kecamatan Kualuh Hulu,Kecamatan Kualuh Selatan,Kecamatan Kualuh Ledong,Kecamatan Kualuh Hilir,Kecamatan Aek Natas,Kecamatan NA IX-X,Kecamatan Aek Kuo,Kecamatan Marbau ,8 Keluarahan dan 82 Desa.

Sejak dimekarkannya Pemkab Labura, Drs.Daud Syah Munthe dipercayakan sebagai Plt Bupati Pertama, dan Asril Naim menjadi pelaksana tugas bupati Labura yang kedua setelah Drs Daud Syah Munthe ikut sebagai kandidat Pemilukada pada tahun 2010.Dalam pelaksanaan Pemilukada pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Labura, Pasangan H KharuddinSyah Sitorus SE yang berpasangan dengan H Minan Pasaribu SH ,MM dipercayakan masyarakat Labura untuk memimpin Kabupaten Labura  aau pemenag Pemilukada.
Dalam waktu umur yang masih menjelang 5 tahun Pemkab Labura setelah dimekarkan dari Kabupaten Labuhanbatu Pemkab Labura sudah banyak mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indnesia Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kabupaten terbaik.

Sektor Pertanian
Kepemimpinan pasangan H Kharuddin Syah Sitorus SE dengan H Minan Pasaribu  pada tahun 2010 sampai saat ini yang membawakan visi dan misi meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan serta pembangunan sudah nyata dirasakan masyarakat Labura.Khususnya masyarakat yang berada didaerah pesisir pantai,Pemkab Labura terus menerus menggelontorkan dana dari APBD,APBN,Bansos, BDB untuk meningkatkan sarana prasarana pembangunan fisik jalan ,untuk meningkatkan hasil bumi para petani dari sector pertanian padi.
Karena kualuh Ledong dan Kualuh Hilir merupakan sector pertahanan ketahanan pangan dari sektor pertanian padi.Sehingga Pemkab Labura selalu membenahi pembangunan sektor pertanian dengan pembangunan Tata Air Mikro(TAM) didaerah Desa Sei Apung, dusun serbaguna Desa Kuala Bangka.Serat percetakan sawah didaerah dusun pulo dogom bawah desa Pulo Dogom Kecamatan Kualuh Hulu.

Dunia Pendidikan  
Dunia pendidikan yang selama ini tertinggal didaerah Labura sebelum dimekarkan , pembangunan gedung-gedung sekolah dan mobilier serta perpustakaan sekolah mulai tingkat SD,SLTP,SLTA,SMK sudah semakin membaik dan layak dijadikan tempat belajar menuntut ilmu dunia pendidikan.Dan sudah banyak keberhasil yang telah diperoleh penghargaan dai sector dunia pendidikan,yakni juara satu nasional tingkat SD,SLTP,SLTA,SMK dalam mengikuti perlombaan sains .

Pemkab Labura juga terus menggalakkan dunia Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) dengan pembangunan sarana tempat pendidikan dan bermain bagi anak-anak masyarakat Labura.Terlihat juga  mutu dan kwalitas para guru pendidik yang notabenennya sudah banyak yang telah memperoleh sertifikasi guru.

Pertambangan
Kekayaan alam Pemkab Labura dari sector pertambangan sangat luar biasa dimiliki, yakni sector pertambangan batu bara yang berada di daerah Kecamatan Kualuh Selatan dan Kecamatan NA IX-X.Dan pertambangan minyak dan gas bumi yang berada di daerah paret minyak desa Pare-pare Hilir Kecamatan Marbau.Pemkab Labura telah mampu mendatangkan para investor dari Korea untuk menggali potensi pertambangan batu bara . Serta pertambangan minyak gas dan bumi yang berada di daerah paret  sudah mulai melakukan pengolahan.
Pertambangang juga telah mampu mengatasi keluhan masyarakat daerah  dusun Sopolongat Desa Hatapang Kecamatan NA IX-X yang telah memberikan penerangan bagi masyarakat Dengan membangun Pembangunan Kelistrikan Tenaga Surya sebanyak 38 unit

Kesehatan
Pemkab Labura juga terus menerus melakukan pembenahan dan pembangunan PONED,Pustu,Puskesmas disetiap kecamatan dan desa .Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Labura sesuai dengan visi dan Misi Pemkab Labura.Dan rumah sakit Umum Daerah Aek Kanopan milik Pemkab Labura terus melayani pengobatan gratis pada masyarakat hanya dengan menunjukkan identitas jati dirinya atau KTP ,langsung mendapat pelayanan terbaik dari para medis.Bahkan ,bagi masyarakat yang tidak mampu juga mendapat perlakuan khusus untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

H Kharuddin Syah Sitorus SE (Bupati) yang akrab disapa dengan Pak Haji Buyung  sebelum menjadi pemimpin diKabupaten Labura telah memiliki mimpi yang indah untuk memimpin dan membangunn Kabupaten Labura demi kesejahteraan perekonomian masyarakat.Dan mimpinya H Buyung itu dibuktikannya setelah mejadi(Bupati) ,dengan melaksanakan visi dan misinya, pembangunan sarana dan prasaran fisik pembangunan jalan telah sampai ke daerah-daerah yang erpencil.

H buyung juga tidak luput dari banyaknya pemberitaan –pemberitaan yang tajam dari media cetak, media online,media elektronik bahkan LSM, akan tetapi semuanya itu dijadikan sebagai bentuk peningkatan etos kerja dijajaran Setdakab yang dipimpinnya.Berkat keuletan  dan kerja keras yang dilakukan dan tidak mengenal lelah untuk mengupayakan anggaran dari pemerintah pusat dan Provinsi untuk pembangunan daerah Kabupaten selalu dilakukannya.Terbukti dengan meningkatkan anggaran dan PAD yang diciptakan Pemkab Labura.

Serta Pemkab Labura sudah melakukan pembangunan gedung kantor bupati, gedung kantor DPRD Labura serta pematangan lahan pembangunan RSUD sebgai alat kelengkapan salah satu Kabupaten yang baru dimekarkan, sehingga Pemkab Labura mendapatkan penghargaan sebagai daerah pemekaran terbaik dari seluruh Indonesia yang diberikan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 20 Juni yang lalu diKalimantan yang diterima langsung oleh H Minan Pasaribu wakil bupati Labura.
Hormat Saya Penulis :
Andika Sirait wartawan GLOBAL SUMUT Labura
Hp.0853 6653 0637

Posting Komentar

Top