0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi resmikan peluncuran  (launching) Produk BUMN Surety Bond (Jaminan Proyek) dari  Perum Jamkrindo Cabang Medan, sekaligus pembukaan Gerai Surety Bond 24/7 di Ballroom Arya duta Hotel Medan, Selasa (7/10/2014). Produk Surety Bond ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah di dalam meningkatkan kualitas pembangunan dan iklim perekonomian kota yang semakin kondusif.

Sebagaimana diketahui kata
Dzulmi Eldin, Surety Bond  secara sederhana  memberikan asuransi penjaminan bagi pengusaha  dan masyarakat, yang mensyaratkan adanya  jaminan dari pihak ketiga. Oleh karena itu mantan Sekda Kota Medan ini berkeyakinan, pemerintan melalui Jamkrindo menerbitkan Produk Surety Bond yang peluncuran dilakukan hari ini.

Berdasarkan dinamika social ekonomi kota, Eldin percaya Produk Surety Bond akan berkembang di Kota Medan. Apalagi Kota Medan saat ini merupakan kota metropolitan baru  dan terus berkembang menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia dengan karya-karya pembangunan  yang cukup dinamis. Jadi Produk Surety Bond ini tentunya sangat membantu pengusaha dan pemerintah kota dalam mempercepat realisasi berbagai proyek pembangunan di Kota Medan pada masa mendatang.

"Berdasarkan kedudukan dan fungsi strategis produk ini, Pemko Medan akan senantiasa memberikan dukungan dan menyambut gembira peluncuran Produk Surety Bond ini bagi terciptanya iklim perekonomian kota yang semakin sehat dan berdaya saing," kata Wali Kota.

 Dengan kondisi tingkat kepastian dan kepercayaan yang semakin tinggi, antara pemerintah dan pengusaha di dalam menyelesaikan proyek-proyek pembangunan, jelas Wali Kota, tentunya akan semakin  memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Medan sebagai  pemanfaat berbagai bentuk infrastruktur/utilitas yang dikembangkan.

Untuk itulah Wali Kotab berharap, kehadiran produk baru dari Jamkrindo ini dapat semakin meningkatkan kualitas aktifitas ekonomi di Kota Medan, khususnya bagi peserta baik itu pemerintah daerah, BUMN maupun pemberi pekerjaan dari instansi terkait lainnya. Tentunya juga bagi para pengusaha, kontraktor, supplier dan seluruh penggiat bisnis di Kota Medan.

"Dengan peluncuran produk Surety Bond ini dari Jamkrindo Cabang Medan ini, kita berharap para pengusaha maupun kontraktor untuk bisa lebih mudah lagi mendapatkan jaminan sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih baik lagi, termasuk dalam mendapatkan proyek-proyek sesuai dengan ketentuan berlaku," harapnya.

Kakanwil I Perum Jamkrindo, Yuliarso dalam sambutannya mengatakan, Surety Bond dari  Perum Jamkrindo Cabang Medan sekaligus pembukaan Gerai Surety Bond 24/7 ini merupakan yang pertama di Indonesia dan akan memberikan pelayanan selama 24 jam. Artinya, Perum Jamkrindo serius menggarap pasar proyek di Sumatera Utara dan khususnya di Kota Medan. Pembukaan gerai ini akan menjadi percontohan pembukaan gerai lainnya di seluruh Indoensia, jelas Yuliarso.

Dijelaskannya, Surety Bond  ini diterbitkan guna memberikan jaminan kepada  pemilik proyek atau oblige atas resiko kerugian akibat kegagalan  kontraktor atau principal dalam menyelesaikan kewajiban sebagaimanan yang diperjanjikan. Jenis Surety Bond yang ditawarkan yakni jaminan penawaran (Bid Bond), jaminan pelaksanaaan (Performance Bond), jaminan uang muka (Advance Paymen Bond) dan jaminan pemeliharaan (Maintenance Bond).

Acara peluncuran Produk Surety Bond ini turut dihadiri Kakanwil Bank BRI Ebenser Girsang, Ketua Umum LPJK Sumut Ir Muniarti Pasaribu, Vice President DBM Commercial Bank BTN Fajang T Nurlan, Kepala Perum Jamkrindo Cabang Medan Loesdarwanto, Kadispenda Kota Medan H.M Husni SE MSi, Kadis Tata Ruang Dan Tata Bangunan Ir Syampurno Poha, Kadis Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan serta undangan lainnya. (Red)

Posting Komentar

Top