0
MEDAN | GLOBAL SUMUT - Layanan RSU Martha Friska Medan masih buruk. Pasalnya pasien yang butuh pemeriksaan dokter harus menunggu 5 -7 jam. Parahnya dokter di RSU itu tak berikan pemeriksaan yang baik terutama pada pasien pemegang kartu BPJS. Selasa (17/3/2015).

 “Cukup kali ini aja aku berobat di RS ini. Nunggu dokternya berjam-jam tapi bukanya kesehatan aku diperiksa, cuma ditanya keluhan lalu dikasi obat. Kalau begini jauh lebih baik berobat di Puskesmas”. Kata Yah pasien BPJS, kemarin.

Yah yang menetap di lingkungan 22 Kelurahan Pekan Labuhan itu perserta BPJS kelas -I, namun di RSU. Martha Friska Medan Yah tak mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana layaknya, ironisnya petugas-petugas bagian pendaftaran pelayan pemanggil pasien di RS itu kasar bahkan tak segan-segan sakiti hati calon pasien.              

Keadaan itu diperburuk dengan petugas BPJS Cabang Medan yang tak pernah peduli dengan keluhan pesertanya. Tak sekalipun petugas-petugas BPJS itu konflin terhadap buruknya pelayan kesehatan di RS. Parahnya lagi kepala BPJS Cabang Medan itu selalu menghindar jika diundang Reses DPRD Medan.

Menanggapi itu, ketua Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (Forkom Wari) Badrun melalui sekretaris Jendral A.Hasan pada globalsumut sesalkan pelayanan RS dan kepala Cabang BPJS. “Sangat kita sesalkan tindakan pelayanan kesehatan yang buruk di RSU. Martha Friska Medan itu. Pasien pemegang kartu BPJS itu bukan gratis, mereka (pasien-red) setor tiap bulan ke BPJS. Seharusnya pihak RS berikan pelayanan kesehatan yang baik lebih-lebih bagi peserta BPJS kelas-I”. Kata Hasan.

Hasan juga sesalkan kepala Cabang BPJS Medan. “Kita juga kecewa dengan kepala Cabang BPJS Cabang Medan. Keluhan pasien pengguna kartu BPJS sudah berulang kali kita sampaikan secara lisan, namun tak juga ditindaklanjuti. Untuk itu kita akan coba mengakomodir semua keluhan pasien peserta BPJS khususnya warga Medan sekitarnya, dan kita lanjutkan ke DPR-RI dan Menteri Kesehatan-RI. Izin RS yang tidak memberikan pelayanan baik harus dicabut dan kepala BPJS Cabang Medan harus dicopot”. Ujar Hasan dengan nada kesal.

Sekedar diketahui, buruknya layanan kesehatan di RSU. Martha Friska Medan terhadap pasien pengguna kartu BPJS sudah berulang kali terjadi. Tak sedikit pasien yang kecewa atas pelayanan itu. Kemudian lamanya pasien dapat giliran bukan karena antrian melainkan lambatnya dokter-dokter hadir di sana. Sebahagian dokter yang bertugas bak seperti dewa penolong yang diharapkan jasanya. Tak heran jika banyak pasien yang merasa sakit hati.

Pihak RSU. Martha Friska Medan tak dapat dikonfirmasi. Sementara Kepala BPJS Medan selalu tak punya waktu layani pertanyaan wartawan. “Maaf pak, kepala BPJS Medan tak bisa diganggu, ada rapat mendadak”. Kata stafnya yang tak mau sebutkan nama. (mn/bu).             

Post a Comment

Top