0
MEDAN | GLOBAL SUMUT -Sebagai perusahaan yang bergerak di jasa kepelabuhanan yang memahami pentingnya pengamanan objek vital nasional, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyelenggarakan Pelatihan  Program Sertifikasi PFSO ISPS Code (Port Facility Security Officer International Ships & Port Security) di Kantor Pusat Pelindo I pada tanggal 23-24 Maret 2015.

Pelatihan Program Sertifikasi ISPS Code dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi berbagai gangguan keamanan laut seperti perompakan, penyelundupan, ancaman teror, insiden bahaya, dan lain-lain terhadap pelabuhan.  Melalui pelatihan ini juga para peserta dapat melakukan pemeriksaan efektifitas dari penerapan sistem manajemen keamanan di kawasan pelabuhan.

 “Sejak tanggal 1 Juli 2004 telah ditetapkan ISPS Code  diberlakukan untuk seluruh dunia, terutama untuk keamanan transportasi laut. ISPS Code ini sifatnya mandatory, yang artinya pelabuhan-pelabuhan ataupun perusahaan pelayaran yang ada di Indonesia harus mengikuti ketentuan keamanan yang telah diatur dalam ISPS Code tersebut. Kita harapkan ke depan penegakan ISPS Code dapat dilakukan dengan komitmen penuh dari semua jajaran, karena pelabuhan tidak berdiri sendiri tetapi terdiri dari banyak institusi di dalamnya, agar tercipta  sinergi seluruh institusi yang ada di pelabuhan. Juga dibutuhkan sosialisasi yang intens kepada seluruh stakeholder agar konsisten dalam pelaksanaannya,” papar Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I Iman A. Sulaiman saat membuka pelatihan ini. Sertifikasi ISPS Code wajib dimiliki oleh pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo I karena kapal-kapal asing hanya dapat bersandar di pelabuhan yang sudah tersertifikasi ISPS Code. 

“Pelindo I berkomitmen untuk terus melakukan program pembinaan SDM secara intensif untuk mencetak pegawai yang handal dan kompeten dalam dunia bisnis. Komitmen ini ditunjukkan dengan mengikutsertakan pegawai dalam berbagai pendidikan, pelatihan  dan program pengembangan SDM”, ujar Aswand Hasoloan, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan (BPL) Pelindo I. BPL merupakan bidang yang menyusun, menganalisa dan menyelenggarakan program pelatihan untuk seluruh pegawai Pelindo I.

ACS Humas Pelindo I M. Eriansyah melalui staf Rica Agnes menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti sebanyak 41 orang pegawai yang berasal dari seluruh cabang pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo I. Pelatihan yang berlangsung dua hari ini melibatkan staf terkait dari berbagai bidang di Cabang, seperti staf dan petugas penanggung jawab keamanan fasilitas pelabuhan, petugas yang bertanggung jawab dalam menangani masalah drill, keamanan pelabuhan, dan keamanan fasilitas pelabuhan. (abu)

Posting Komentar

Top