0
LABURA | GLOBAL SUMUT -Darwin Yusma yang akrap disapa dengan panggilan pak DY Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) ,Kabupaten Labuhanbatu Utara( Labura) sangat  Optimalisasi sektor pariwisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak mudah untuk dilakukan. 

 "Tidak mudah untuk optimalisasi kontribusi sektor pariwisata, mengingat sifat pembangunan kepariwisataan itu multi dimensi dan multi sektor," kata dia.

Menurut DY, pengembangan sektor wisata memerlukan dukungan berbagai pihak dan dilakukan secara terpadu dalam satu sistem kepariwisataan daerah. Pengelolaan destinasi pariwisata sangat kompleks, disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor hambatan destinasi wisata tidak mengenal batas administratif. "Setiap daerah memiliki potensi pariwisata yang unik dengan karakteristik, pengelolaan dan tahapan yang berbeda," imbuh dia.

Ia menegaskan, pengelolaan destinasi wisata harus melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholders) dengan kebutuhan yang beragam. Namun, para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Labura justru kontra produktif dan menimbulkan konflik sehingga dapat menghambat pembangunan pariwisata.

Agar pembangunan dan pengembangan destinasi pariwisata dapat dilakukan secara optimal dan merata, menurut DY, diperlukan suatu pengelolaan pengembangan pariwisata yang komprehensif, strategis, efektif dan efisien serta menguntungkan semua pihak.

Sebelumnya, aktivis NGO TOPAN-AD Ir .Jhon Rinaldy Hutajulu mengatakan, sektor pariwisata di Kabupaten Labura masih lesu. Hal itu terlihat dari masih minimnya tempat tujuan (destinasi) pariwisata yang bisa dikunjungi di wilayah Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok ini. Selain itu, jumlah pengunjung pun masih minim. Sektor ini pun belum berperan signifikan dalam pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 "Daerah Kabupaten Labura ini memiliki banyak potensi yang cukup bagus dalam bidang wisata, khususnya sektor wisata alam. Sayangnya, potensi tersebut sepertinya kurang digarap serius,"

Seperti pantai satu di Desa Kuala Beringin , Kecamatan Kualuh Hulu, Daerah Kecamatan Aek Natas, Daerah wisata tangga batu di Kecamatan NAIX-X. Bila Pemerintah Kabupaten Labura dan DPRD nya  serius dan memperhatikan daerah wisata alam itu, pasti menghasilkan PAD yang cukup besar,katanya.(Andika)

Posting Komentar

Top