0
MEDAN |  GLOBAL SUMUT- Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si mengukuhkan pengurus Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2015-2017 di Hotel Emerald Garden Jalan Putri Hijau Medan, Sabtu  malam (25/4/2015).

Dengan pengukuhan ini para wartawan yang tergabung di dalamnya, diharapkan  dapat bersatu padu menjalankan fungsinya sebagai jurnalis dan menjadi mitra terbaik Pemko Medan dalam memberitakan berbagai program kerja hingga pembangunan yang sedang dijalankan  maupun sudah selesai dilaksanakan Pemko Medan.

Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan naskah pengukuhan oleh Walikota kepada Muhammad Edison Ginting selaku Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan yang baru terpilih. Walikota yang hadir didampingi Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri Lubis selanjutnya, mengajak seluruh pengurus yang baru dikukuhkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai social control di tengah masyarakat.

Yang lebih penting lagi kata Walikota, para jurnalis juga dalam pemberitaannya dapat menggugah masyarakat untuk terus meningkatkan dukungan dan kepercayaan kepada pemerintah. Artinya, pembangunan yang tengah dijalankan Pemko Medan saat ini untuk kepentingan  dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mantan sekda Kota Medan ini perlu menegaskan, meskipun para jurnalis yang dikukuhkan ini bertugas di lingkungan Pemko Medan namun dirinya selaku kepala penyelenggara pemerintahan dan pembangunan beserta seluruh jajaran tidak akan melakukan intervensi terhadap pemberitaan-pemberitaan yang dibuat.

“Saya  pastikan tidak ada intervensi dalam pemberitaan-pemberitaan yang saudara sampaikan. Hal ini perlu disadari bahwa pers yang sehat merupakan salah satu indikasi tercapainya pelaksanaan demokrasi yang sehat pula,” kata Walikota  Dihadapan anggota Dewan Kota Afifuddin Lubis, sejumlah pimpinan SKPD dan para wartawan yang hadir dalam acara pengukuhan, Walikota kemudian berharap agar wartawan dan Pemko Medan menjadi mitra yang saling mengisi dan  mengkritisi demi perubahan kearah yang lebih baik, sekaligus menjadi control sosial terbaik bagi Pemko Medan.

Dikesempatan itu Walikota juga minta kepada sleuruh jajarannnya, terutama pimpinan SKPD agar selalu membuka tangan dan akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan pers  untuk kepentinganm pemberitaan. “Perlu disadari, kita merupakan badan publik yang bertanggungjawab dalam keterbukaan informasi kepada khalayak. Untuk itu kita harus membuka akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan wartawan,” pesannya.

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Terpilih, Muhammad Edison Ginting  dalam sambutan singkatnya mengatakan, selama ini peran pers di Kota Medan senantiasa dirasakannya selalu bersinergi dengan program yang dilakukan Pemko Medan, terutama untuk membangun Kota Medan yang religius, aman, nyaman dan berdaya saing.  Meski demikian tegas Ginting, tak bisa dipungkiri seorang jurnalis juga memiliki sisi idealisme yang berupaya menyuarakan kebenaran. Untuk itulah Ginting mengajak seluruh mitra kerja pers dapat memahami kerja seorang jurnalis yang mencari kebenaran untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Jika pun kritik yang kami lakukan itu tak lain demi kemajuan dan perbaikan. Jadi saya harap seluruh mitra kerja pers agar tidak lagi menutup akses informasi kepada wartawan. Inilah hakikat dari jurnalis yang wajib didukung demi kemajuan demokrasi di Indonesia,” harapnya.

Kemudian Ginting juga tak lupa mengingatkan kepada seluruh rekan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan dapat menjaga nama baik korps wartawan Unit Pemko Medan. “Marilah kita sama-sama melakukan kerja jurnalis yang baik dan mendukung program Pemko Medan, sehingga Kota Medan yang kita cintai ini semakin lebih baik,” ungkapnya.  Acara pengukuhan ini  juga dirangkaikan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, janda-janda wartawan serta anak wartawan yang berprestasi di sekolah. Penyerahan santunan ini dilakukan langsung Walikota didampingi Sekda serta Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan. Sebelum pengukuhan, Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan juga telah melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada kaum dhuafa di dua kecamatan yakni Medan Deli dan Medan Tembung. Kemudian memberikan bantuan.

Sebelumnya Pangihutan Rumapea selaku Sekjen Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan sekaligus ketua panitia pengukuhan dalam laporannya menjelaskan, bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk empati wartawan kepada warga yang kurang mampu. Sedangkan pemberian santunan kepada janda-janda wartawan dan siswa berprestasi anak wartawan  dilakukan sebagai tindak lanjut saran Walikota yang sangat peduli dengan para jurnalis.

“Ini membuktikan Bapak Walikota sangat peduli dengan para wartawan, tidak hanya yang sedang bertugas saat ini, wartawan yang sudah tiada (meninggal) pun tetap diingat beliau dengan memberikan bantuan kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga Pak Wali terus perhatian dengan wartawan,” harap Rumapea.(wagianto)

Posting Komentar

Top