0
TELUK MENGKUDU | GLOBAL SUMUT- Warga Desa Pematang Guntung Dusun III Pematang Putus menuding Camat Teluk Mengkudu, Misran SE dan Kades Pematang Guntung, Juni melindungi pengusaha ternak ayam yang leluasa beroperasi didaerah mereka sehingga mengabaikan kepentingan masyarakat sekitar, menyusul tidak tercapainya kesepakatan mediasi antara pengusaha ternak ayam dengan masyarakat, Senin (30/3/2015) akhir pekan lalu di Aula Kantor Camat Teluk Mengkudu, Jl. Lapangan Sepakbola Desa Matapao Dusun II.

Warga menuding, Camat dan Kades tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik sebab tidak dapat menyelesaikan persoalan pencemaran udara 'Bau' disebabkan oleh ternak ayam milik pengusaha, Arifin yang meresahkan warga karena baunya yang sangat mengganggu aktvitas sehari-hari.

Menurut Ustad Herlan, tokoh agama di Desa tersebut sebelumnya telah terjadi pertemuan dikantor Desa Pematang Guntung dihadiri oleh Camat Teluk Mengkudu, namun pada pertemuan itu tidak dihadiri oleh pengusaha yaitu Arifin, warga sepakat agar usaha ternak ayam itu ditutup sebab pengusaha sudah mengabaikan hak masyarakat sekitar, hal tersebut ditandai dengan penandatangan disecarik kertas pernyataan.

Setelah itu, Camat Teluk Mengkudu dan Kades berjanji akan megadakan rapat mediasi kembali dua hari berselang dengan agenda mendatangkan pengusaha, namun hingga saat ini hal tersebut tidak pernah terjadi saampai pada akhirnya, rapat mediasi dilakukan Senin kemarin menyusul desakan warga akibat kembali masuknya bibit anak ayam ditempat usaha ternak ayam tersebut setelah dua bulan kosong.

Hal ini tentu sangat mengecewakan, sebab sekelas Camat tidak dapat menyelesaikan ini padahal sebelumnya beliau telah memimpin rapat untuk penutupan usaha tersebut dan berjanji untuk mencari solusi terbaik untuk masyarakat tapi pada kenyataannya beliau pun tidak nampak pada saat pertemuan dengan pengusaha, kemarin. Terang Ustad Herlan.

Senada dengan Ustad Herlan, Ketua IPNU Sergai, Ahmad Muhazir yang merupakan warga Desa tersebut juga merasa kecewa dengan sikap Kades dan Camat Teluk Mengkudu yang terkesan buang badan dengan persoalan itu.

Melalui pesan sms kepada media ini, Rabu (1/4/2015) Ajir pun mengungkap bersama warga akan mengadukan persoalan ini kepada Bupati Soekirman dan menngancam akan melakukan aksi untuk menuntut mundur Kades Pematang Guntung dan Camat Teluk Mengkudu karena dianggap tidak bisa bekerja dengan baik dengan menyelesaiakan persoalan maasyarakat terutama yang terjadi di Dusun III Pematang Guntung ini.

"Kami tentu kecewa dengan sikap Kades dan Camat, maka kami berharap Bapak Bupati Sergai menindaklnjutinya, sebelum kami melakukan aksi khususnya warga dusun III Desa Pematang Guntung untuk menuntut agar Kades dan Camat Teluk Mengkudu mundur karena tidak bisa bekerja dengan benar", tulisnya.(Umm|Gs)

Posting Komentar

Top