0
SIMALUNGUN | GLOBAL SUMUT- Drs Daud sirait Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 Tahun 2015 di Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Huta Bayu Raja di duga telap dana sumbangan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 Tahun 2015 di Kecamatan Huta Bayu Raya Kabupaten Simalungun Rabu  (26/8/2015).

Pasalnya pada pelaksanaan dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2015 di Kecamatan Huta Bayu Raya Kabupaten Simalungun bayak kutipan maupun proposal.

Seperti diketahui dana peryaan tersebut sudah ada dalam rapat muspika kepada intansi pemerintahan yang terdiri  dari guru PNS ,SD,SMP, SMA  dibebani  Rp 25000 serta Kepala sekolah SD, SMP,SMA dikenakan /dibebani Rp 100.000 selain itu Kepala Desa ,KUPTD pendidikan, dan pertanian dikenakan masing-masing Rp200.000,selain itu masih banyak juga proposal yang beredar. Tidak tertutup kemungkinan para usahawan maupun pengusaha juga dibebani.

Berdasarkan dana yang terkumpul secara gobal lebih kurang Rp 30.000 juta rupiah, Sementara dana peralatan seperti sonsystem ,tenda dan kursi, untuk  dana komsumsi berupa  aqua gelas serta aqua botol beberapa kardos dan snek kue ala kadar beberapa bungkus saja.

Menurut masyarakat Huta Bayu Raja dan para Tokoh adat serta Tokoh masyarakat dikecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 Tahun 2015 di Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya ,dimana ada perlombaan serta panggung rakyat.

“kalau memang ada dana yang dikutip dari intansi pemerintah kenapa acara Peringatan HUT Kemerdekaan  RI Ke-70 hanya begini saja, tidak ada perlombaan atau kegiatan lainnya”,ucap warga kesal.

Saat dikompirmasi ketua panitia Drs Daud sirait, menyatakan global dananya Rp 22 juta tapi belum semua yang datang hanya Rp12 juta rupiah yang masih terkumpul  tutur Drs Daud sirait selaku ketua panitia dan juga menjabat kepala sekolah SMA Negeri 1 Huta bayu Raja.

Disisi lain masyarakat menghimbau Kepada Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM, maupun Camat Huta Bayu Raja Otto Simangunsong agar menegur maupun mengaudit asal dan penggunaan dana perayaan yang dikelola Drs. Daud sirait sebagai ketua panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 di Kecamatan Huta Bayu Raja.

Peranyaan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 tahun 2015 di Kecamatan Huta Bayu Raja kali ini tidak seperti biasanya, tidak ada perlombaan maupun kegiatan lainnya, hanya upacara saja, sehingga kuat dugaan dana-dana yang dihimpun untuk perayaan  HUT RI Ke- 70 kali ini di telap ketua panitia, padahal perayaan tahun-tahun sebelumnya cukup meriah, oleh karenanya peru diminta pertanggung jawaban ketua panitia sehingga tidak ada yang ditutupi dan Pengelolaan dananya juga jelas dan transparan.

Selain itu hendaknya ada juga berita acara pembentukan serta pembubaran kepanitan .(M.Mangunsong)

Posting Komentar

Top