0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 tahun 2016 ini meraih penghargaan pelayanan prima dari Kementerian Perhubungan. Sebanyak 7 (tujuh) cabang yang berada dibawah pengelolaan Pelindo 1 menerima Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi Kementerian Perhubungan Tahun 2016, yang diserahkan pada tanggal 19 September 2016 di Jakarta. Hal ini adalah wujud komitmen Pelindo 1 dalam mengoptimalkan kinerja pelayanan di 16 (enam belas) cabang dalam melayani pelanggan (customer focus).

Pelaksana harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia Senin (19/9/2016) menjelaskan cabang-cabang yang meraih penghargaan pelayanan prima  diantaranya adalah Terminal Penumpang Bandar Deli Cabang Belawan, Terminal Penumpang Sri Bintan Pura Cabang Tanjung Pinang, Belawan International Container Terminal (BICT), Terminal Petikemas Perawang Cabang Pekanbaru, Terminal Petikemas Domestik Belawan, Pusat Pelayanan Satu Atap Cabang Dumai, Terminal Penumpang Cabang Tanjung Balai Karimun dan Pusat Pelayanan Satu Atap Pelabuhan Belawan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan pelayanan prima kepada unit pelayanan publik di lingkungan perhubungan kepada para manajemen unit pengelola pelayanan publik yang telah berprestasi dalam kegiatan penilaian pelayanan prima 2016. Menhub mengatakan bahwa kegiatan penilaian yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan tersebut diikuti oleh 156 unit pelayanan publik sektor transportasi di 21 lokasi di Indonesia dan dilaksanakan selama 3 bulan mulai Juni hingga Agustus 2016.

Para penerima trofi dan piagam penghargaan Menteri Perhubungan tersebut masing-masing pemenang kategori Prima Utama (nilai akhir 85 sampai dengan 100) sebanyak 40 unit, kategori Prima Madya (nilai akhir 75 s.d. 85) sebanyak 54 unit, dan kategori Prima Pratama (nilai akhir 65 s.d. 75) sebanyak 23 unit.

Penilaian unit pelayanan publik dilakukan oleh tim penilai berdasarkan sembilan instrumen atau kriteria penilaian. Sembilan kriteria itu, di antaranya visi dan misi serta moto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, survei kepuasan masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik, dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

Penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong perbaikan penyelenggaraan pelayanan masyarakat dengan memberikan stimulasi perbaikan pelayanan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada unit penyelenggara pelayanan yang berhasil memperoleh predikat unit pelayanan prima. (abu)

Post a Comment

Top