0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima kunjungan kerja Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional atau Wantannas di Kantor Pusat Pelindo 1, pada Rabu, 21 September 2016. Tim yang dipimpin oleh Letnan Jenderal TNI M. Munir selaku Sekjend Wantannas ini diterima langsung oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya dan Direktur Keuangan, Farid Luthfi, Rabu (21/9/2016).

M. Munir didampingi anggota tim, yaitu Inspektur Jenderal Pol. Dr. Bambang Hermanu, S.H.,M.M, Mayor Jenderal TNI Nana Rohana, S.E,  dan Kolonel Laut (T) Moch. Taufiq Hidayat, S.T, beserta staf.

Dalam pertemuan ini, Direktur SDM dan Umum, M. Hamied Wijaya memberikan penjelasan tentang Pelindo 1 serta rencana pengembangan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1. “Saat ini Pelindo 1 tengah fokus mengembangkan pelabuhan yang dimilikinya untuk mendukung program Tol Laut dan Poros Maritim Indonesia khususnya di bagian barat. Sebut saja pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai hub port Indonesia bagian barat, pengembangan Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Sibolga dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan,” jelas Hamied.

Sekjend Wantannas  Letnan Jenderal TNI M. Munir menjelaskan bahwa pihaknya memiliki tugas untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Beliau juga menjelaskan gambaran tentang Wantannas, sekaligus menyatakan maksud kedatangan timnya ke Pelindo 1.

“Kunjungan kerja Tim Setjen Wantannas ini untuk melaksanakan Pengkajian Daerah (Kajida) di wilayah Sumatera Utara dalam rangka perumusan kebijakan nasional dan masalah-masalah Ipoleksosbudhankam termasuk kondisi di pelabuhan yang merupakan infratsruktur nasional,” jelas M. Munir.
Setjen Wantannas memberikan apresiasi, dukungan serta dorongan kepada Pelindo 1  agar terus berkomitmen untuk membenahi dan mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya sehingga terwujud visi Pelindo 1 untuk menjadi nomor satu di bisnis kepelabuhanan. “Tidak hanya menjadi nomor satu di Indonesia, tetapi juga di dunia,” harap Munir.

Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia menambahkan bahwa dalam pertemuan ini,  dibahas tentang progress dan rencana pengembangan serta upaya yang dilakukan Pelindo 1 untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai Negara Poros Maritim. “Setelah pertemuan, tim Sekjend Wantannas mengunjungi Belawan International Container Terminal (BICT) dan fasilitas Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) dan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) online pertama diluar Pulau Jawa,” jelas Rafika. (abu)

Post a Comment

Top